Basuki Janjikan Hadiah Rumah untuk Atlet Peraih Emas

Basuki Janjikan Hadiah Rumah untuk Atlet Peraih Emas
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan hasil pertemuan Presiden Jokowi dengan delegasi Japinda, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (27/10). Foto: Humas/Oji

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah tidak hanya memberikan uang miliaran kepada para atlet peraih medali emas di ajang Asian Games 2018, tapi juga satu unit rumah.

Hal ini disampaikan Memteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/8).

Dia memyebutkan bahwa kementeriannya memiliki program rumah khusus yang selama ini diberikan kepada nelayan dan penjaga perbatasan.

"Nah sekarang yang berprestasi dapat. Setiap yang dapat medali emas dapat rumah tipe 36. Tergantung kampungnya di mana," kata Basuki.

Maksudnya, bila atlet tersebut mau membangun rumahnya di Papua dan punya tanahnya, itu akan dibangun oleh Kementerian PU. Kalaupun setelah itu rumahnya mau dijual juga boleh.

Basuki pun mengakui jika tipe rumah ukuran 36 itu kecil. Namun sudah cukup buat mereka tempati.

"Wong dia bujangan kabeh ki? Bujangan, dapat 36, gede loh Mas. Tapi tanahnya tanah dia. Kami hanya bangun saja. Satu lantai. Di samping Rp 1,5 miliar, dapat rumah," tuturnya.

Basuki juga menambahkan bahwa keputusannya memberikan hadiah tambahan itu merupakan arahan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pemerintah tidak hanya memberikan uang miliaran kepada para atlet peraih medali emas di ajang Asian Games 2018, tapi juga satu unit rumah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News