Selasa, 21 Agustus 2018 – 09:40 WIB

Batam Jadi Digital Hub Singapura ke Daerah Lain di Indonesia

Jumat, 08 September 2017 – 07:05 WIB
Batam Jadi Digital Hub Singapura ke Daerah Lain di Indonesia - JPNN.COM

jpnn.com, SINGAPURA - Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengukuhkan pentingnya posisi Batam dalam hubungan kerja sama ekonomi Indonesia-Singapura.

Hal itu disampaikan pemimpin kedua negara dalam Singapore-Indonesia Investment Forum di ruang kedatangan Marina Bay Cruise Centre, Singapura, Kamis (7/9).

Di hadapan sejumlah menteri Kabinet Kerja dan para petinggi pemerintahan serta pelaku bisnis Singapura yang hadir dalam pertemuan itu, Jokowi mengungkapkan, dalam pengembangan kerja sama bisnis kedua negara, Batam menjadi pintu gerbang utama Indonesia, karena paling dekat dengan Singapura.

Jokowi menekankan, ke depan kerja sama kedua negara harus berbasis digital, menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Dalam konteks ini, kata Jokowi, Batam berperan sebagai hub atau jembatan yang menghubungkan Singapura dengan berbagai daerah di Indonesia dan sebaliknya.

"Batam harus mampu menghubungkan Singapura dengan komunitas lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Bali. Batam harus mampu juga menjadi penyedia dan memberikan pelayanan," tegasnya.

Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), selain Bintan dan Karimun, kata Jokowi, Batam harus mampu membawa perubahan.

"Kalau dulu Batam sebagai kota industri, sekarang harus mampu bersinergi dengan Singapura, menjadi jembatan industri teknologi, manufaktur, dan pariwisata berbasis digital," jelasnya.

Dengan berbasis digital, dia berharap, industri kreatif bisa dimaksimalkan pencapaiannya. Bukan hanya dari sektor pariwisata, tapi juga meliputi sektor lainnya seperti industri manufaktur, wisata maritim, dan industri lain yang mampu bersinergi dengan kepariwisataan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar