Batik Tulis Karya Siswa Siswi Binaan YPA-MDR Siap Bersaing, Lihat Tuh

Batik Tulis Karya Siswa Siswi Binaan YPA-MDR Siap Bersaing, Lihat Tuh
Batik tulis karya siswa siswi binaan YPA-MDR. Foto: YPA MDR

jpnn.com, JAKARTA - PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menghadirkan program Komunitas Pembatik Cilik di Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul.

Program tersebut sebagai upaya menciptakan keberlangsungan kecakapan hidup serta pelestarian budaya batik di lingkup daerah.

Sejatinya, program tersebut sudah dimulai sejak tahun lalu yang berlokasi di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul.

Komunitas itu menaungi 87 siswa-siswi lintas sekolah binaan YPA-MDR yang memiliki minat dan bakat dalam membatik, khususnya batik tulis.

“YPA-MDR telah memulai melakukan pembinaan pilar kecakapan hidup membatik untuk guru-guru dan siswa-siswi di Kecamatan Gedangsari – Kabupaten Gunungkidul dan Kecamatan Pandak – Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta sejak sekitar 2007-2008," sebut Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo dalam siaran pers, Selasa (26/7).

"Melalui pembentukan Komunitas Pembatik Cilik Pandak ini, YPA-MDR senantiasa berkontribusi terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah prasejahtera."

Dalam acara seremoni Ekspor Desa Sejahtera Astra Klaster Kriya 2022 di Wanawisata Hutan Pinus, Mangunann Bantul, para siswa siswi di Komunitas Pembatik Cilik wilayah Pandak dan Gedangsari itu memamerkan hasil karya batik tulis yang diperagakan oleh para finalis peserta Miss Bantul 2022.

"Program pembinaan pilar kecakapan hidup ini menjadi bentuk nyata dukungan YPA-MDR untuk tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas," kata dia menambahkan.

Siswa siswi di Komunitas Pembatik Cilik Pandak dan Gedangsari memamerkan hasil karya batik tulis yang diperagakan oleh para finalis peserta Miss Bantul 2022

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News