Bau Belerang Tercium Tajam

Petugas Pemantau Mulai Sibuk

Bau Belerang Tercium Tajam
Bau Belerang Tercium Tajam
MALANG – Status Gunung Bromo yang semula berstatus siaga naik menjadi awas karena terjadi peningkatan aktivitas vulkanik yang signifikan. Kenaikan status gunung yang berada di Probolinggo itu di tetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Selasa (23/11) kemarin, jam 15.30 WIB.

Dalam satu hari kemarin, status Gunung Bromo langsung naik tingkat. Pada jam 08.00 WIB dinaikan statusnya menjadi Siaga (level III). Dan sorenya sejak jam 15.30 WIB dinaikan kembali statusnya menjadi Awas (level IV) karena aktivitas vulkanik terus meningkat dengan asap putih keabu-abuan yang semakin tinggi dibarengi dengan gempa tremor.

Kemungkinan terjadi erupsi sangat mungkin. Gunung yang menjadi jujugan wisatawan itu sudah semakin menunjukan keaktifannya pada awal bulan November.  Aktivitas Gempa Vulkanik meningkat sejak tanggal 8 November 2010 dan aktivitas tremor mulai meningkat sejak tanggal 23 November 2010 pukul 11.00 WIB.

Pada 22 November mulai terjadi gempa tremor menerus dengan amplitude maksimum 5-7 milimeter. Kenaikan itu kembali terjadi pada Selasa kemarin, pada jam 11.00 WIB, terjadi gempa Tremor menerus dengan amplituda maksimum 30 mm. Semua itu tercatat melalui seismograf PS-2 secara telemetri yang ada di Pos Pantau Gunung Bromo.

MALANG – Status Gunung Bromo yang semula berstatus siaga naik menjadi awas karena terjadi peningkatan aktivitas vulkanik yang signifikan. Kenaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News