Bawa-bawa Ransel, 1 Pria Rusia Tanpa Izin Masuk ke Tambang Freeport

Bawa-bawa Ransel, 1 Pria Rusia Tanpa Izin Masuk ke Tambang Freeport
WNA asal Rusia, Andre Markovic yang diamankan kepolisian di area kerja PTFI. Foto: Mayer Sarioa/Radar Timika

jpnn.com - TIMIKA - Aparat Polres Mimika mengamankan seorang warga negara Rusia, Andre Markovic, yang tanpa izin masuk ke areal tambang PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika, Papua, Senin (8/8).

Saat diamankan, pria berkumis dan berambut cokelat itu mengenakan kaos hitam dan jin warna biru tua, serta membawa ransel ukuran sedang di punggungnya. 

Pihak Polres Mimika sendiri mendapatkan informasi bahwa pria bertubuh tinggi itu dikabarkan baru saja melakukan pendakian ke Puncak Cartensz. Namun diduga karena kelelahan, sehingga mengambil jalan pintas melalui area PTFI, sehingga langsung dievakuasi. 

“Modus seperti ini sudah sering terjadi apabila ke Cartensz. Berangkat dari Illaga namun untuk kembali pasti kelelahan dan langsung cari jalan pintas masuk area Freeport,” ujar Kapolres Mimika AKBP Yustanto Mujiharso, SIK MSi, saat dikonfirmasi Radar Timika, Senin (8/8) kemarin.  

Informasi awal terkait WN Rusia ini datang dari anggota Kepolisian Polsek Tembagapura. Berdasarkan keterangan semantara sambung Kapolres, pria Rusia itu melakukan pendakian dari Ilaga menuju Puncak Cartensz ditemani dua warga negara Indonesia. 

“Dokumen pasti ada, namun masuknya WNA itu dari luar Timika ke Freeport tentu menjadi persoalan, sehingga anggota amankan. Saat ini masih dimintai keterangan,” ujar Kapolres.

Dari pantauan Radar Timika, sekitar pukul 14.00 WIT, warga asal Rusia tersebut bersama dua pendamping warga negara Indonesia, turun dari mobil Polsek Tembagapura dikawal anggota dipimpin Kapolsek Tembagapura Iptu Has Mulyadi. 

Setibanya di Polres Mimika, ketiga warga tersebut langsung diarahkan ke Satuan Intelkam untuk dimintai keterangan lebih lanjut. (rex/adk/jpnn)

TIMIKA - Aparat Polres Mimika mengamankan seorang warga negara Rusia, Andre Markovic, yang tanpa izin masuk ke areal tambang PT Freeport Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News