Bawang Merah Rp 40 Ribu per Kilo, Itu pun Langka

Bawang Merah Rp 40 Ribu per Kilo, Itu pun Langka
Bawang Merah Rp 40 Ribu per Kilo, Itu pun Langka

LHOKSEUMAWE – Bawang merah langka di Lhokseumawe, Aceh. Kalaupun ada, harganya cukup tinggi yakni Rp 40 ribu per kilogram.
 
"Harga bawang merah di Kota Lhokseumawe tembus Rp 40 ribu, dari sebelum hanya Rp 14 ribu," kata Maulana (32), pedagang di Pajak Sore, Pusoong, Banda Sakti, Lhokseumawe, Selasa (7/4), kepada Rakyat Aceh (grup JPNN).
 
Dia mengatakan jika kenaikan harga bawang merah terjadi bertahap sejak dua hari terakhir. Sebelumnya, harga bawang merah di kisaran Rp 15 ribu per kg hingga Rp 17 ribu per kg.

Informasi yang diperoleh dari para pedagang, kenaikan harga bawang merah terjadi karena pasokan berkurang. Hal itu disebabkan karena terjadi gagal panen di beberapa daerah penghasil bawang merah.

"Kami mengambilnya dari tengkulak. Jadi pemasok memang sedikit sekali mengirimnya. Kalau kesiangan sedikit saja, tidak akan kebagian," tuturnya.
 
Adapun untuk bawang merah ukuran kecil biasanya dijual Rp 14 ribu per kg. Namun untuk saat ini harganya naik menjadi Rp 36 ribu per kg.Sementara berukuran besar dan bagus, per kilogramnya dijual dengan harga Rp 42 ribu. (val)

 


LHOKSEUMAWE – Bawang merah langka di Lhokseumawe, Aceh. Kalaupun ada, harganya cukup tinggi yakni Rp 40 ribu per kilogram.   "Harga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News