Bayar Lebih Mahal, Turis Asing Justru Ketagihan

Bayar Lebih Mahal, Turis Asing Justru Ketagihan
ALTERNATIF - Ken, Joanne , Farrel Sean (berkacamata) dan Anneke Rompas (bertopi) di tengah-tengah warga Kampung Luar Batang, Kota, Jakarta. Foto: Istimewa.
Kini wisata di Jakarta tak melulu Monas, Taman Mini, atau Ancol. Jakarta Hidden Tour, wisata ke area-area tersembunyi di ibukota memberikan alternatif baru. Bagi wisatawan asing yang sudah mencicipi, tur jenis itu jauh lebih menyenangkan daripada tempat wisata konvensional. Seperti apa?

Laporan RIDLWAN HABIB, Jakarta

RAMBUTNYA
dibiarkan memanjang hingga punggung. Sebagian mulai memutih karena usia. Senyumnya lebar dan bicaranya blak-blakan. "Gini-gini saya ini aktivis sosial juga lho," kata Ronny Poluan, pencetus ide, pengelola, sekaligus tour guide Jakarta Hidden Tour.

Saat ditemui di rumahnya, kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, yang dipenuhi aneka tanaman hias, Ronny baru selesai memandu seorang tamu asing. "Aku sorry banget, nggak bisa ajak kamu. Soalnya dia tidak ingin kunjungannya diliput media," katanya.

Kini wisata di Jakarta tak melulu Monas, Taman Mini, atau Ancol. Jakarta Hidden Tour, wisata ke area-area tersembunyi di ibukota memberikan alternatif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News