Bayar Utang Negara, Yunani Jual Empat Pesawat

Bayar Utang Negara, Yunani Jual Empat Pesawat
Bayar Utang Negara, Yunani Jual Empat Pesawat
ATHENA - Krisis utang memaksa pemerintah Yunani menempuh berbagai cara untuk mengatasi agar negara itu tidak semakin terpuruk dan terancam bangkrut. Kemarin (9/7) pemerintahan Perdana Menteri (PM) Antonis Samaras memutuskan akan menjual empat pesawat Airbus A340-300 milik Olympic Airways. Awalnya, perusahaan tersebut merupakan BUMN (perusahaan negara), tetapi kemudian diprivatisasi (sebagian besar saham dijual kepada swasta).

 

Kementerian Keuangan Yunani menyatakan, penjualan pesawat itu ditempuh sebagai bagian dari divestasi. Dana hasil penjualan pesawat akan digunakan  untuk membayar utang pemerintah. Berdasar keputusan Menkeu Yannis Stournaras, pesawat-pesawat tersebut akan dilepas pada Apollo Aviaton Group, penawar tertinggi proses tender, senilai USD 40,4 juta (sekitar Rp 379,8 miliar).

 

Olympic Airways terus merawat pesawat tersebut sejak September 2009. Perusahaan penerbangan flag carrier itu diprivatisasi pada Oktober 2009 dan berganti nama menjadi Olympic Air. Pemilik yang baru adalah Marfin Investment Group, perusahaan investasi terbesar di Yunani.

 

Sebelumnya, Sabtu lalu (7/7) pemerintahan Yunani yang baru terpilih menyatakan, akan terus melakukan reformasi dan privatisasi untuk meyakinkan kembali para kreditor internasional agar mengucurkan dananya sehingga ekonomi negara itu tetap berjalan.

 

ATHENA - Krisis utang memaksa pemerintah Yunani menempuh berbagai cara untuk mengatasi agar negara itu tidak semakin terpuruk dan terancam bangkrut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News