Jumat, 19 Oktober 2018 – 20:03 WIB

Bayaran Gary Mehigan Dalam Iklan Pariwisata SA Dipertanyakan

Jumat, 08 Juni 2018 – 08:00 WIB
Bayaran Gary Mehigan Dalam Iklan Pariwisata SA Dipertanyakan - JPNN.COM

Bintang acara reality show populer MasterChef, Gary Mehigan, terperangkap di tengah politik Australia Selatan (SA) terkait transparansi pemerintah.

Pemerintahan Partai Liberal yang baru tidak bersedia mengungkapkan berapa banyak koki selebriti itu telah dibayar untuk mempromosikan negara bagian tersebut, menyusul dugaan kurangnya transparansi tentang berapa banyak Lance Armstrong dibayar untuk ikut berlomba dalam balap sepeda Tur Down Under dari tahun 2009 hingga 2011.

Pekan lalu, terungkap Gary Mehigan akan menjadi duta pariwisata bagi negara bagian Australia Selatan (SA), meski berbasis di Melbourne.

Pengumuman itu dijadwalkan menjelang seminggu episode MasterChef akan difilmkan di Australia Selatan (SA) menampilkan hasil produksi negara bagian itu.

Sejumlah video telah dirilis di akun Youtube Australia Selatan (SA), menunjukkan Gary Mehigan menjelajah tempat-tempat pariwisata di Australia Selatan.

Tetapi satu hal yang tidak akan ditunjukkan oleh Pemerintah Negara bagian Australia Selatan (SA) adalah berapa banyak Gary Mehigan dibayar untuk kontrak selama 12 bulannya.

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan kepada ABC bahwa jumlah bayaran untuk Gary Mehigan itu "merupakan rahasia bisnis".

Partai Buruh mengkritik sikap tersebut, dengan mengatakan itu bergema di hadapan janji-janji transparansi dan akuntabilitas pemerintahan Liberal.

Ketika pemerintah Buruh memikat Lance Armstrong untuk datang ke negara bagian Australia Selatan (SA) untuk ikut berlomba di Tour Down Under, oposisi Liberal menuntut mengetahui berapa banyak anggaran yang dibayarkan.

Pada 2010, sebelum kecurangan obat-obatan Armstrong terungkap, menteri pariwisata bayangan Terry Stephens mengatakan: "Para pembayar pajak memiliki hak untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak Lance Armstrong dan rombongannya membebani kami."

Partai Liberal janji 'lebih transparan'

Bendahara Rob Lucas telah berjanji pemerintahannya akan bersikap terbuka di era baru transparansi, dan terus mengejar keterbukaan informasi seputar pembayaran Armstrong hampir satu dekade setelah pereli sepeda yang sekarang tercoreng reputasinya pertama kali mengunjungi negara bagian Australia Selatan (SA).

Setelah didapuk memegang jabatan di pemerintahan, Lucas telah berjanji akan mengungkapkan jumlah bayaran tersebut ketika klausul kerahasiaan dalam kontrak Armstrong akan berakhir tahun depan.

Partai Liberal juga telah menyerang kebijakan partai Buruh lainnya, seperti berapa banyak yang telah dibayarkan kepada Majalah Rolling Stones untuk mengadakan konser di Adelaide Oval pada tahun 2014.

Di Parlemen pada Kamis (6/7/2018) ini, Menteri Pariwisata David Ridgway diberondong pertanyaan oleh Oposisi, dengan Wakil Pemimpin Dewan Legislatif Claire Scriven mengangkat beberapa pernyataan dari masa lalunya.

"Mengingat Menteri Terhormat mengeluh tentang penggunaan kepercayaan komersial dalam sebuah pernyataan pers tertanggal 19 Maret 2002,dengan  mengatakan bahwa, saya kutip, 'Pemerintah Liberal akan terbuka dan jujur ​​tentang di mana pajak Anda dihabiskan berkaitan dengan pariwisata 'akankah Menteri sekarang berkomitmen untuk tidak bersembunyi di balik kepercayaan komersial? " Scriven bertanya.

David Ridgway mengatakan bukan pemerintahan yang dia lindungi, tetapi kerahasiaan bayaran Gary Mehigan yang dilindunginya.

"Kita tidak meneken kontrak dengan pemerintah, orang atau organisasi, " kata David Ridgway.

"Jika mereka tidak ingin diungkapkan, maka kami akan melanggar kontrak jika kami mengungkapkannya.

"Jika Gary Mehigan setuju untuk mengungkapkan tarif bayarannya, maka kami akan merilisnya."

Menteri Pariwisata mengambil kesempatan untuk membela keputusan itu untuk menunjuk selebriti yang berbasis di Melbourne ke posisi itu.

"Minat sesungguhnya dari antar negara dan seluruh dunia agar MasterChef datang ke sini minggu depan sebenarnya cukup luar biasa sehingga kami cukup bersemangat," kata David Ridgway.

ABC telah menghubungi manajemen Gary Mehigan untuk komentar.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

 
SHARES
Komentar