Bayi Mengerti Kata Dasar Sejak Enam Bulan

Bayi Mengerti Kata Dasar Sejak Enam Bulan
Bayi Mengerti Kata Dasar Sejak Enam Bulan
MESKI kebanyakan anak-anak baru bisa mengucapkan kata-kata dasar saat ulang tahun pertama mereka, namun ternyata dari hasil penelitian, bayi bisa menguasai bahasa dasar sejak usia mereka enam bulan. Penemuan ini dua kali lebih awal dari prediksi waktu yang dikemukakan para ahli selama ini.

Hasil studi ini dipublikasikan Proceedings of National Academy of Sciences, dikutip dari telegraph.co.uk. Setelah melakukan penelitian kepada 50 anak usia 10-20 bulan, ditemukan 33 bayi usia 6-9 bulan diantaranya ternyata sudah bisa memahami kata-kata dasar benda umum seperti makanan atau bagian tubuh.

Penelitian dengan cara menunjukan sebuah layar. Kemudian bayi ditunjukan dua gambar seperti Apel dan Lengan. Saat Ibu mereka bertanya di mana letak salah satu obyek tersebut, para peneliti dapat melihat gerakan mata bayi. Ditemukan 26-33 bayi melirik ke arah obyek yang benar.

Hasil pengujian ini terus bergerak signifikan sesuai dengan pertumbuhan usia bayi. Pada tes kedua untuk bayi usia 14 bulan, ketika diminta menemukan obyek dalam ruangan, hasil penelitian menunjukkan bayi dapat menemukan obyek dengan benar.

MESKI kebanyakan anak-anak baru bisa mengucapkan kata-kata dasar saat ulang tahun pertama mereka, namun ternyata dari hasil penelitian, bayi bisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News