Bayi Punya Kemampuan Linguistik Sejak dalam Rahim

Bayi Punya Kemampuan Linguistik Sejak dalam Rahim
Bayi Punya Kemampuan Linguistik Sejak dalam Rahim
PARIS - Para ilmuwan mendapati bayi mengembangkan kemampuan bahasa saat masih dalam kandungan. Bahkan kemampuan ini telah muncul tiga bulan sebelum kelahiran. Bukti tersebut berasal dari scan otak 12 bayi yang lahir prematur. Dimana pada usia kehamilan 28 minggu, bayi-bayi telah mampu membedakan antara suku kata yang berbeda seperti "ga" dan "ba" serta suara pria maupun wanita.

Dalam studi tersebut, ilmuwan melakukan scan otak beberapa hari pertama setelah bayi lahir, sehingga ada kemungkinan suara-suara yang dihadapi bayi yang baru lahir mungkin telah memicu perkembangan pesat.

Kesimpulan ini dilaporkan dalam Prosiding National Academy of Sciences (PNAS). Para ilmuwan meyakini tidak mungkin hal ini merupakan pengalaman yang didapatkan bayi di luar rahim.  Penelitian ini sekaligus memberikan dukungan bahwa bayi mampu mengembangkan kemampuan bahasanya saat masih dalam kandungan.   

"Bayi dapat mendengar suara ibu mereka ketika di dalam rahim dan mengolahnya, " ujar Prof Sophie Scott Pidato persepsi ahli di UCL seperti dilansir BBC, Selasa (26/2).

PARIS - Para ilmuwan mendapati bayi mengembangkan kemampuan bahasa saat masih dalam kandungan. Bahkan kemampuan ini telah muncul tiga bulan sebelum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News