Bea Cukai Asistensi Calon Eksportir dalam Rangka Mendorong Potensi Ekspor

Bea Cukai Asistensi Calon Eksportir dalam Rangka Mendorong Potensi Ekspor
Bea Cukai terus menggali potensi ekspor dari berbagai daerah untuk memacu roda perekonomian di tengah pandemi Covid-19. Foto/Ilustrasi: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus menggali potensi ekspor dari berbagai daerah untuk memacu roda perekonomian di tengah pandemi Covid-19. 

Bea Cukai Kediri bersama Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kediri dan BPS Jawa Timur mengadakan kegiatan dialog pengembangan daerah lingkar wilis, secara daring. 

“Kami yakin dengan pengembangan kawasan lingkar wilis, serta adanya proyek Bandara Dhoho di Kabupaten Kediri, komoditas asli dapat berkompetisi dalam perdagangan internasional,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Kediri Sunaryo. 

Menurut BPS Jatim, komoditas ekspor terbesar 2018-2019 yang unggul adalah perhiasan atau permata, disusul produk kayu dan olahan kayu, udang, ikan, serta rempah-rempah.

“Bea Cukai siap melayani, dan akan memberikan pendampingan bagi pengusaha UMKM di kawasan lingkar wilis yang meliputi Kabupaten Nganjuk, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Madiun dan Ponorogo. Semoga melalui kegiatan ini, dapat berkolaborasi untuk memajukan perekonomian daerah,” pungkas Sunaryo.

Sementara itu Bea Cukai Parepare melalui program klinik ekspornya aktif memberikan edukasi, konsultasi, dan asistensi ekspor kepada para pelaku usaha, termasuk UKM. 

Kali ini, Bea Cukai Parepare mengunjungi Kampung Sutra BNI yang terletak di Kabupaten Wajo yang merupakan salah satu sentra produksi kerajinan kain dan sarung tenun sutra yang cukup dikenal masyarakat Sulawesi Selatan. 

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Layanan Informasi Suparji memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan langkah Bea Cukai untuk mendukung pengusaha lokal memasarkan produknya melalui ekspor, serta untuk memajukan perekonomian di Kabupaten Wajo.

Bea Cukai terus menggali potensi ekspor dari berbagai daerah untuk memacu roda perekonomian di tengah pandemi Covid-19. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News