Bea Cukai Atambua Gelar Patroli Laut Bersama Polairud dan Posal

Bea Cukai Atambua Gelar Patroli Laut Bersama Polairud dan Posal
Bea Cukai Atambua melaksanakan operasi patroli laut bersama dengan Polairud Polda NTT, Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Atapupu pada tanggal 21-28 September 2020 di Perairan Motaain. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, ATAMBUA - Dalam rangka patroli fiskal mengamankan hak-hak negara dan menjaga perbatasan Indonesia dari masuknya barang-barang ilegal dan berbahaya bagi masyarakat, Bea Cukai Atambua melaksanakan operasi patroli laut bersama dengan Polairud Polda NTT, Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Atapupu serta didukung Kapal BKO Patroli Bea Cukai Jaring Wallacea pada tanggal 21-28 September 2020 di Perairan Motaain.

Kepala Kantor Bea Cukai Atambua, Tribuana Wetangterah menjelaskan pihaknya bekerja sama dengan aparat penegak hukum dalam mengamankan perbatasan laut Indonesia-Timor Leste yang sangat rawan menjadi pintu masuk penyelundupan barang impor ke Indonesia.

Menurut Tribuana, wilayah laut yang luas dan cuaca ekstrim yang sering terjadi di perbatasan laut menjadi tantangan bagi Bea Cukai Atambua dalam melaksanakan pengawasan.

“Sinergi dengan Polairud dan Posal dalam patroli laut penting untuk dilakukan agar pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai Atambua dapat optimal,” ujarnya.

Untuk memperkuat sinergi dengan Polri, Bea Cukai telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Baharkam Polri). Kerja sama tertuang dalam perjanjian peningkatan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.

Sementara, untuk sinergi dengan TNI telah diperkuat melalui Nota Kesepemahaman antara Menteri Keuangan dengan Panglima TNI tentang Kerja Sama dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kementerian Keuangan dengan TNI. Ruang Lingkup kerja sama ini antara lain meliputi penegakan hukum di bidang kemaritiman dan kedirgantaraan.

Tribuana menyampaikan, dengan adanya penandatanganan kerja sama tersebut semakin mendorong pihaknya untuk memperkuat sinergi dalam kegiatan patroli laut.

“Diharapkan sinergi dapat terjalin erat serta berkesinambungan, sehingga fungsi Bea Cukai sebagai community protector dapat terlaksana dengan optimal,” pungkas Tribuana.(jpnn)

Bea Cukai Atambua melaksanakan operasi patroli laut bersama dengan Polairud Polda NTT, Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Atapupu serta didukung Kapal BKO Patroli Bea Cukai Jaring Wallacea pada tanggal 21-28 September 2020 di Perairan Motaain.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News