Bea Cukai Membentuk Kemitraan dengan Pemda untuk Sukseskan Ekspor UMKM

Bea Cukai Membentuk Kemitraan dengan Pemda untuk Sukseskan Ekspor UMKM
Bea Cukai mendukung dunia usaha. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus berupaya menjaga daya beli masyarakat dan mendukung keberlangsungan dunia usaha, khususnya para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui kemudahan ekspor dan impor. 

Sinergi antara unit vertikal Bea Cukai dan pemerintah daerah bertujuan meningkatkan daya saing UMKM berorientasi ekspor melalui berbagai program, mulai pelaksanaan rapat koordinasi hingga temu bisnis.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana pada Senin (4/7) mengatakan di Sampit pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Seruyan.

Tujuannya ialah mengembangkan sentra industri kecil dan menengah (IKM) pengelolaan hasil laut. 

Kedua pihak bekerja sama memberikan gambaran proses ekspor kepada para pelaku usaha dan mendorong mereka untuk bisa melakukan ekspor.

Hal serupa dilakukan Bea Cukai Jakarta yang melaksanakan rapat koordinasi pemberdayaan UMKM bersama Suku Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi, dan UKM (PPKUKM) Kota Jakarta Timur. 

Rapat tersebut bertujuan memperkuat jalinan koordinasi, kolaborasi, konsultasi, dan pengumpulan data pemberdayaan UMKM Kota Jakarta Timur. 

Kedua pihak membahas program nasional Bea Cukai dalam rangka mendorong UMKM berorientasi ekspor, pengelompokan UMKM yang dibina Suku Dinas PPKUKM, keunggulan UMKM, serta kendala UMKM berorientasi ekspor.

Bea Cukai membentuk kemitraan dengan pemerintah daerah untuk menyukseskan ekspor UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News