Bea Cukai Beri Fasilitas Ekspor Produk Boga hingga Cangkang Kelapa Sawit

Bea Cukai Beri Fasilitas Ekspor Produk Boga hingga Cangkang Kelapa Sawit
Bea Cukai memberikan fasilitas ekspor kepada pelaku UMKM demi mendukung perekonomian daerah. Ilustrasi foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, SUMATERA BARAT - Bea Cukai konsisten mengembangkan ekspor para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) demi meningkatkan kinerja ekspor di sejumlah daerah.

“Dalam mendukung kinerja ekspor, Bea Cukai Teluk Bayur turut hadir dalam peluncuran ekspor bumbu rendang dan kalio oleh Koperasi Ikatan Wanita Ikaboga di Padang, Sumatra Barat,” ungkap Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana.

Peluncuran ekspor tersebut diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi di kantor gubernur Sumbar, Senin (29/8). 

Acara pelepasan bumbu rendang dan kalio dihadiri sejumlah instansi dan pihak terkait, yaitu perwakilan dari Kementerian Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi Sumbar, serta Ketua Koperasi Ikaboga Padang Ida Nursanti. 

Koperasi Ikatan Wanita Ikaboga beranggota ibu rumah tangga di wilayah Sumatra Barat. Koperasi ini sekaligus sebagai wadah pemberdayaan dan pembuka lapangan pekerjaan bagi perempuan sebagai wujud pengembangan perekonomian daerah. 

Berkat kerja keras segenap pihak, 1 ton produk bumbu rendang dan kalio bisa diekspor dengan tujuan Norwegia.

“Pelepasan ekspor ini menjadi awal agar makin banyak produk Indonesia, khususnya Sumbar, tidak hanya ke Norwegia, tetapi ke seluruh wilayah Eropa. Kami berharap ekspor ini menjadi kontribusi konkret membantu para pelaku UMKM di Sumbar,” ujar Hatta.

Hatta mengatakan pelepasan ekspor produk boga berlangsung di Pontianak, Kalimantan Barat. Bea Cukai Pontianak mendampingi ekspor perdana PT Anugrah Borneo Perkasa, Rabu (24/8). 

Mendukung perekonomian daerah, Bea Cukai memberikan fasilitas ekspor bagi produk boga hingga cangkang kelapa sawit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News