Bea Cukai Bina Pelaku IKM dan UMKM Merambah Pasar Internasional

Bea Cukai Bina Pelaku IKM dan UMKM Merambah Pasar Internasional
Petugas Bea Cukai sedang mendata produk ekspor hasil IKM. Foto: Humas Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai di berbagai daerah gencar mengadakan sosialisasi dan pelatihan terkait prosedur ekspor demi membantu pelaku IKM-UMKM bersaing di pasar internasional.

Kegiatan itu juga salah satu upaya Bea Cukai dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Plt Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai M Hatta Wardhana menyampaikan institusinya siap mendukung pemerintah memulihkan perekonomian nasional.

Untuk mewujudkan hal itu, Bea Cukai di Jambi, Cilacap dan Pantoloan telah mengadakan sosialisasi dan pelatihan terkait prosedur ekspor.

Di Jambi, Bea Cukai mengadakan klinik ekspor di Kantor Bantu Pelayanan Kuala Tungkal demi menggenjot produk UKM khususnya dari sektor pertanian dan perikanan bisa menembus pasar internasional.

Kegiatan itu diadakan Bea Cukai Jambi bersama Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, serta Badan Karantina Pertanian Jambi.

Menurut Hatta, melalui program klinik ekspor itu Bea Cukai memberikan asistensi kepada masyarakat, demi meningkatkan kualitas produk dan aturan terkait tata laksana ekspor menuju pasar global.

Sementara itu, Bea Cukai Cilacap juga mengadakan sosialisasi dan pelatihan terkait prosedur ekspor bertajuk forum sambung rasa dengan mengusung tema menuju UMKM berani ekspor mandiri.

Bea Cukai adakan sosialisasi dan pelatihan terkait prosedur ekspor demi membantu pelaku IKM-UMKM bersaing di pasar internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News