Bea Cukai dan Garuda Indonesia Sepakat Dukung Ekspor IKM Yogyakarta

Bea Cukai dan Garuda Indonesia Sepakat Dukung Ekspor IKM Yogyakarta
Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Hengky Aritonang dan GM PT Garuda Indonesia DIY Ida Ayu Wayan Sri Gotami dan jajaran saat pertamuan pada Kamis (26/11). Foto: humas Bea Cukai.

jpnn.com, YOGYAKARTA - Bea Cukai dan Garuda PT Indonesia sepakat mendukung industri kecil dan menengah (IKM) di Yogyakarta yang berpotensi ekspor.

Hal ini disepakati dalam pertemuan antara Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Hengky Aritonang dan General Manager PT Garuda Indonesia Cabang DIY Ida Ayu Wayan Sri Gotami.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada Kamis (26/110 di Yogyakarta, kedua pihak mendiskusikan tata laksana ekspor dan dukungan terhadap IKM di provinsi itu.

Hengky mengatakan bahwa pertemuan kedua pihak ini merupakan sebuah langkah strategis yang ditempuh Bea Cukai guna mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN) di masa pandemi Covid-19.

PEN sendiri digagas pemerintah untuk menjaga stabilitas sistem keuangan dengan tujuan melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

Menurut Hengky, Bea Cukai dalam menjalankan perannya sebagai trade facilitator dan industrial assistance, telah menyiapkan berbagai program relaksasi dan kemudahan, baik dalam hal prosedural maupun fiskal.

Salah satu tujuannya adalah untuk mendorong kinerja ekspor nasional sebagai cara Bea Cukai dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Tentunya hal ini membutuhkan dukungan berbagai pihak, termasuk PT Garuda Indonesia cabang Yogyakarta,” jelas Hengky.

Kedua pihak juga akan membahas lebih jauh soal tata laksana ekspor untuk mendukung kelangsungan IKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News