Bea Cukai dan Polairud Patroli Laut Amankan Perairan NKRI

Bea Cukai dan Polairud Patroli Laut Amankan Perairan NKRI
Bea Cukai terus menjalin sinergi dengan aparat penegak hukum lain dalam menjaga perairan NKRI. Foto: Humas Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan (DJBC Kemenkeu) dan Kepolisian Air dan Udara (Polairud) melebarkan wilayah sinergi mengamankan perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Kanwil BC Sulbagsel) dan BC  Makassar menggelar apel bersama Polairud Makassar, di Dermaga Pelabuhan Soekarno Hatta, Kamis (3/12) lalu.

Apel ini dilaksanakan sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-70 Polairud, 1 Desember lalu.

Sinergi yang terbangun antara BC dengan aparat penegak hukum (APH) lain, salah satunya Direktorat Polairud Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) ini sudah terjalin sejak lama dalam menjaga kedaulatan maritim NKRI.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Sulbagsel Arie Papiano menyampaikan bahwa pada wilayah pengawasan laut yang sama, Bea Cukai dan Polairdu harus bersinergi, berkomunikasi, dan berkerja sama.

"Karena tugas menjaga kedaulatan negara yang cukup berat ini tidak mungkin berjalan tanpa kerja sama baik dari level atas ke level bawah dan sebaliknya,” jelas Arie dalam sambutannya.

Arie mengatakan dengan koordinasi berkesinambungan dan terjaga, kinerja di lapangan dalam menjaga kedaulatan akan selalu berjalan sesuai yang diharapakan.

“Diharapkan sinergi antarinstansi ini bisa memudahkan dan melancarkan pelaksanaan tugas pengawasan demi mewujudkan peran Bea Cukai dalam melindungi masyarakat,” harap Arie.

Dalam latihan patroli bersama ini dilakukan simulasi teknik mendekati atau approaching terhadap kapal target dan pemeriksaan sarana pengangkut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News