JPNN.com

Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Perdana Hasil Kelautan Manokwari

Rabu, 02 Desember 2020 – 21:24 WIB
Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Perdana Hasil Kelautan Manokwari - JPNN.com
Bea Cukai mewujudkan ekspor produk hasil laut di Kabupaten Manokwari. Foto: Humas Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai bekerja sama dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan para penggiat UMKM makin gencar mendorong potensi ekspor daerah.

Alhasil, Bea Cukai dapat membuka rute ekspor langsung atau direct call export di beberapa daerah, sosialisasi dan asistensi tata laksana ekspor, serta merealisasikan ekspor perdana komoditas asli suatu daerah.

Salah satunya adalah memfasilitasi terselenggaranya ekspor perdana hasil kelautan di Manokwari, Papua Barat.

Kepala Kantor Bea Cukai Manokwari Johan Pandores mengatakan pihaknya telah memfasilitasi ekspor produk hasil laut di Kabupaten Manokwari, Oktober 2020 lalu.

“Setiap langkah punya makna, layaknya sebuah mimpi bagaimana kita mampu merajut setiap mimpi itu untuk menjadi nyata. Mimpi kitorang dalam mewujudkan ekspor produk hasil laut di Kabupaten Manokwari akhirnya terwujud pada tanggal 20 Oktober 2020 lalu,” katanya, Rabu (2/12).

Menurut Johan, kegiatan yang diawali dari  mimpi tersebut merupakan hasil berbagai upaya yang sudah dilakukan.

Dia menjelaskan, koordinasi, komunikasi, dan sinergi baik dengan instansi vertikal maupun horizontal termasuk pemda dilakukan Bea Cukai Manokwari untuk mewujudkan ekspor perdana dari produk kelautan.

Pendampingan kepada para pengusaha UMKM khususnya di bidang usaha produk kelautan, juga dilakukan secara intensif oleh Bea Cukai Manokwari.

"Kami berusaha bagaimana agar mampu mendorong para usahawan UMKM untuk berani bersaing dalam perdagangan Internasional,” ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...