Bea Cukai Gandeng Pemda dan Instansi Dorong Potensi UMKM untuk Ekspor

Bea Cukai Gandeng Pemda dan Instansi Dorong Potensi UMKM untuk Ekspor
Bea Cukai terus mendoron UMKM melakukan ekspor. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Jajaran Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan di berbagai wilayah di Indonesia secara aktif mendorong UMKM dalam melakukan ekspor sebagai bentuk pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Bea Cukai Maumere, misalnya, meluncurkan buku katalog produk UMKM Maumere dalam bentuk cetak dan digital.

Buku ini disusun bersama dengan Asosiasi Pelaku UMKM dan Ekrafrt Sikka, dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia DPC Sikka.

"Buku ini dapat berfungsi sebagai media promosi produk-produk unggulan UMKM Kabupaten Sikka," kata Kepala Kantor Bea Cukai Maumere Tommy Hutomo.

Selain memberikan edukasi terkait ekspor, Bea Cukai Maumere juga berinisiatif bekerja sama dengan pelaku UMKM dalam mempromosikan produk-produk unggulannya sehingga dapat tersebar kepada target pasar potensial.

"Kami juga berharap dapat menembus pasar internasional. Selanjutnya program ini akan kami lakukan juga di seluruh kabupaten di pulau Flores dan Lembata,” tambah Tommy.

Bea Cukai Gresik juga membentuk klinik ekspor dan melakukan serangkaian asistensi kepada pelaku usaha UMKM seperti Produsen Ikan Nusantara dan Mie Hokky yang merupakan produk khas Gresik.

Tidak hanya itu, Bea Cukai Gresik juga menjadi narasumber dalam acara sosialisasi yang diselenggarakan BEDO Bali dan Asosiasi UMKM di Gresik.

Selain merupakan fungsi Bea Cukai dalam memberikan asistensi terhadap para pelaku usaha dalam negeri, upaya ini dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan program PEN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News