Bea Cukai Gencarkan Sinergi Antarinstansi Demi Meningkatkan Ekspor Daerah

Bea Cukai Gencarkan Sinergi Antarinstansi Demi Meningkatkan Ekspor Daerah
Bea Cukai terus meningkatkan sinergi antarinstansi demi membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Dalam rangka menggalakkan ekspor dan mendorong pemulihan ekonomi, Bea Cukai terus menggelar sinergi antarinstansi di berbagai daerah.

Sinergi itu dilakukan untuk menggali potensi dan memberikan edukasi terkait ekspor.

Sinergi kali ini dilakukan oleh Bea Cukai di Bandar Lampung, Denpasar, Telukbayur, dan Manado, bersama instansi terkait di masing-masing wilayah.

Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Barat (Sumbagbar) menghadiri rapat koordinasi dan pembentukan forum ekspor Provinsi Lampung bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung.

Rapat itu juga membahas potensi ekspor lebih dari 192 ribu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tersebar di 15 kabupaten/kota dan didukung dengan telah adanya Forum Investasi Lampung (FOILA) yang telah berjalan beberapa tahun terakhir.

“Kami di Bea Cukai diamanatkan untuk membantu program pemulihan ekonomi pada masa pandemi ini di daerah. Beberapa upaya yang kami lakukan adalah pembentukan Tim Siger dan pembukaan klinik ekspor untuk menunjang ekspor daerah. Tentu upaya ini akan maksimal apabila instansi terkait turut andil di dalamnya,” kata Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Hatta Wardhana.

Kegiatan serupa dilakukan Bea Cukai Denpasar dengan menghadiri rapat koordinasi yang digelar Pemerintah Provinsi Bali.

Rapat itu membahas program PEN bertajuk ‘Skema Peningkatan Ekspor Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Bali’.

Bea Cukai diamanatkan membantu program pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19 ini di daerah. Berbagai cara sudah dilakukan, salah satunya dengan menggencarkan sinergi antarinstansi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News