Bea Cukai Ikut Lepas Ekspor Produk Lokal Asal Yogyakarta dan Banten

Bea Cukai Ikut Lepas Ekspor Produk Lokal Asal Yogyakarta dan Banten
Bea Cukai turut mendampingi pelepasan ekspor produk UMKM di Yogyakarta dan Banten. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, YOGYAKARTA - Bea Cukai kembali mengantar ekspor berbagai produk Indonesia ke pasar global. Kali ini ekspor berhasil dilakukan oleh UMKM dan beberapa perusahaan penerima fasilitas di Yogyakarta dan Tangerang Selatan.

Di Yogyakarta, perusahaan penerima fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE), PT Starbay Jaya Langgeng Abadi berhasil mengekspor ratusan barang produksi berupa kerajinan tangan ke Amerika pada 25 Agustus 2022 melalui Pelabuhan Tanjung Emas. 

Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto mengungkapkan PT Starbay Jaya Langgeng Abadi mengirim 39 jenis barang seni, seperti kompas, peti, miniatur furnitur, propeler, dan sebagainya. 

“Barang unik hasil produksi perusahaan ini memang menarik minat warga Amerika, terutama pada bulan menjelang Natal. Dari ekspor kali ini, PT Starbay telah menyumbang devisa negara USD 115.214 atau setara dengan Rp 2,3 miliar,” ujarnya.

Dengan fasilitas KITE dari Bea Cukai, PT Starbay dapat menekan biaya produksi. Beberapa bahan baku untuk barang kerajinannya seperti kuningan harus diimpor dari India. 

Dengan adanya fasilitas KITE, perusahaan dapat menangguhkan bea masuk barang-barang impor tersebut.

“Sebenarnya Yogyakarta memiliki banyak potensi untuk ekspor barang-barang seni dan kerajinan tangan, kami harap ke depan akan ada perusahaan barang kreatif lainnya yang bisa mengekpors hasil kerajinannya,” ujar Eko.

Di Tangerang Selatan (4/8), Kanwil Bea Cukai Banten berhasil melepas ekspor sampel produk olahan makanan UMKM binaannya ke Hongkong. Kegiatan ini diikuti 16 UMKM di wilayah Banten dan sekitarnya. 

Bea Cukai ikut melepas ekspor produk lokal UMKM asal Yogyakarta dan Banten, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News