Bea Cukai Jayapura Fasilitasi Ekspor Ekstrak Buah Merah Asli Papua

Bea Cukai Jayapura Fasilitasi Ekspor Ekstrak Buah Merah Asli Papua
Bea Cukai Jayapura memfasilitasi ekspor buah merah. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAYAPURA - Buah merah merupakan komoditas lokal unggulan Papua Barat. Manfaat buah ini dipercaya oleh masyarakat Papua dapat mengobati berbagai penyakit dan baik bagi kesehatan.

Mengetahui keunggulan buah ini, Bea Cukai dengan mengemban fungsi sebagai fasilitator perdagangan, yaitu memberi kemudahan dan memfasilitasi perdagangan internasional, menyanggupi untuk memfasilitasi ekspor buah merah hingga mampu menembus pasar dunia.

“Pada 7 September 2020 lalu, kami menerima kunjungan perwakilan dua perusahaan, yaitu Nova Morin dari CV Morbers JPR dan Agustinus Nyaro dari PT Maritel Bahtera Logistik yang menyampaikan rencana ekspor ekstrak buah merah asli Papua,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Jayapura Albert Simorangkir, Jumat (25/09).

Dalam rencana ekspor tersebut, ekstrak buah merah milik CV Morbers JPR akan dikirim ke Jepang melalui PT Maritel Bahtera Logistik.

Hal ini pun disambut baik Albert yang mengungkapkan bahwa Bea Cukai akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Papua dalam hal memfasilitasi kemudahan ekspor.

“Kami akan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Papua agar dapat merangkul para calon eksportir untuk mengekspor hasil bumi dan laut lainnya. Terutama ekspor di bidang komoditas yang belum pernah diekspor ke luar negeri dan merupakan komoditas asli Papua,” ujar Albert optimis.

“Diharapkan dengan adanya komoditas ekspor baru di Jayapura ini dapat mendorong perekonomian negara terutama dalam hal pendapatan daerah di Papua dan dapat meningkatkan perekonomian di Jayapura ini, serta membuka peluang dan diikuti oleh para penghasil bumi dan laut lainnya yang memiliki potensi ekspor di Papua untuk berani mengekspor komoditasnya ke luar negeri juga,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan ekspor produk pertanian Papua perlu terus ditingkatkan untuk mendorong kinerja perdagangan nasional.

Bea Cukai Jayapura memberi kemudahan dan memfasilitasi ekspor buah merah asli Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News