Bea Cukai Juanda Resmikan Kargo Ekspor Perdana Rute Surabaya – Jeddah

Bea Cukai Juanda Resmikan Kargo Ekspor Perdana Rute Surabaya – Jeddah
Peresmian kargo ekspor di Bandara Internasional Juanda. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, SURABAYA - Bea Cukai sebagaimana fungsinya sebagai Trade Facilitator dan Industrial Assitance terus berupaya meningkatkan industri dalam negeri, salah satunya mendorong ekspotir-eksportir baru.

Bea Cukai Juanda telah melaksanakan pelepasan ekspor perdana dengan rute Surabaya – Jeddah (Arab Saudi) melalui terminal kargo bandara internasional Juanda, Rabu (18/12).

Pelepasan tersebut diresmikan secara simbolis oleh Kepala Kantor Bea Cukai Juanda Budi Harjanto dengan didampingi Direktur PT Alkanaah (GSA dari Saudia Airlines), jajaran manajemen PT Angkasa Pura I, PT JAS, Otoritas Bandara Internasional Juanda, Perwakilan dari Balai Karantina Surabaya, serta para pihak lainnya yang terlibat.

“Dalam ekspor perdana tersebut, terdapat dau pemberitahuan ekpor barang (PEB) dengan komoditi barang ekspor berupa alat-alat musik dan sepatu. Total berat dari kedua komoditi tersebut kurang lebih seberat 4,3 Ton,” ujar Budi.

Budi Harjanto memaparkan bahwa eksportasi perdana dengan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines tersebut adalah yang pertama kali sejak beroperasi pada tahun 2014. “Diharapkan ini dapat memicu peningkatan eksportasi dari Indonesia, serta menjadikan Juanda sebagai pintu utama tempat bagi para stakeholder untuk mengekspor barang-barangnya,” sambung Budi.

Dengan terjalinnya sinergitas yang baik antar instansi terkait, operator, serta para pengguna jasa di wilayah Bandara Internasional Juanda serta dukungan teknis yang memadai, Bea Cukai Juanda optimis neraca perdagangan ekspor akan semakin meningkat dan daya saing industri dalam negeri akan semkain tinggi, khususnya di wilayah Indonesia bagian Timur. (jpnn)

Bea Cukai Juanda melepas ekspor perdana dengan rute Surabaya - Jeddah, melalui terminal kargo Bandara Internasional Juanda.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News