Bea Cukai Kenalkan Pita Cukai 2021 dan Cara Mengidentifikasi Keasliannya

Bea Cukai Kenalkan Pita Cukai 2021 dan Cara Mengidentifikasi Keasliannya
Ilustrasi. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai memperkenalkan desain pita cukai 2021 dan cara mengidentifikasi keasliannya kepada pegawai dan masyarakat di berbagai daerah. 

Hal itu untuk meningkatkan pengawasan terhadap rokok ilegal.

Desain pita cukai 2021 bertemakan biota laut.

Tema tersebut dipilih karena negara Indonesia merupakan negara maritim.

Dengan warna dasar kertas yang kebiruan, pita cukai tahun 2021 juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang mirip dengan uang kertas, seperti hologram, serat mikrofiber, dan cetakan tajam.

Untuk melihat keaslian pita cukai dapat menggunakan tiga cara, yaitu secara kasat mata, menggunakan kaca pembesar, dan pancaran sinar ultra violet (UV).

Plt Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai M. Hatta Wardhana mengatakan bahwa di awal Mei ini, kegiatan pengenalan pita cukai sudah dilakukan di tiga kantor, yaitu Bea Cukai Sidoarjo, Meulaboh dan Timika dengan sasaran baik internal pegawai Bea Cukai ataupun masyarakat umum.

“Pengenalan desain pita cukai tahun 2021 yang bertemakan biota laut dan bagaimana cara mengidentifikasi keasliannya merupakan hal yang sangat penting sekarang ini. Demi menekan maraknya peredaran rokok illegal, tidak hanya tugas internal Bea Cukai semata, tapi peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan,” kata Hatta.

Desain pita cukai 2021 bertemakan biota laut. Tema tersebut dipilih karena negara Indonesia merupakan negara maritim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News