Bea Cukai Lepas Ekspor Perdana Kawasan Berikat di Cirebon

Bea Cukai Lepas Ekspor Perdana Kawasan Berikat di Cirebon
Petugas Bea Cukai Cirebon melepas ekspor perdana perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat, yaitu PT Long Rich Indonesia, Selasa (14/9). Foto: Bea Cukai

jpnn.com, CIREBON - Bea Cukai melepas ekspor perdana sepatu produksi PT Long Rich Indonesia ke Amerika Serikat.

Perusahaan ini menerika fasilitas kawasan berikat dari Bea Cukai pada Mei lalu.

Kepala Kantor Bea Cukai Cirebon, Encep Dudi Ginanjar menyampaikan pihaknya secara aktif mendorong dan memfasilitasi dunia industri di wilayah Jawa Barat untuk ekspor sebagai upaya memulihkan ekonomi nasional.

PT Long Rich Indonesia termasuk yang diasitensi Bea Cukai Cirebon dan mendapatkan fasilitas kawasan berikat.

Perusahaan yang beroperasi di wilayah Pabedilan ini menerima fasilitas kepabeanan, berupa penangguhan bea masuk dan pajak dalam rangka impor setiap kali perusahaan mengimpor bahan baku atau bahan penolong untuk kegiatan produksinya.

“Dengan demikian perusahaan mendapatkan advantage pada cashflow, tentunya akan memudahkan proses produksi perusahaan yang berorientasi ekspor,” kata Encep.

Encep juga menjelaskan, PT Long Rich Indonesia melakukan ekspor perdana pada Selasa (14/9), berupa sepatu merek Under Armour sebanyak 1.575 pasang yang dikemas dalam kontainer ukuran 20 feet dengan negara tujuan Amerika Serikat (USA) dengan nilai devisa ekspor sebesar USD 24.343,44.

“Selain terbuka kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar, investasi PT. Long Rich Indonesia juga akan berdampak pada tumbuhnya kegiatan ekonomi baru di sekitar pabrik seperti tempat tinggal untuk karyawan, usaha makanan baik warung maupun rumah makan, juga transportasi umum yang melayani karyawan pabrik," ungkap Encep.

PT Long Rich Indonesia yang menerima fasilitas kawasan berikat dari Bea Cukai Cirebon berhasil melakukan ekspor perdana pada Selasa (14/9).