Bea Cukai Memfasilitasi Ekspor Cangkang Sawit ke Thailand dan China

Bea Cukai Memfasilitasi Ekspor Cangkang Sawit ke Thailand dan China
Bea Cukai melepas ekspor cangkang sawit di Bengkulu pada Selasa (26/7). Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, BENGKULU - Bea Cukai aktif melindungi dan mendampingi masyarakat melalui optimalisasi pengawasan dan pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai. 

Salah satunya melalui optimalisasi sistem pengawasan dan pelayanan pada kegiatan ekspor dan impor untuk menciptakan iklim usaha yang sehat.

“Kami harus mampu menciptakan sebuah sistem pengawasan yang proporsional pada tiap level proses bisnis dan dilakukan secara kolaboratif dan berkesinambungan untuk mencegah kebocoran keuangan negara di bidang ekspor dan impor,” ujar Direktur Jenderal Bea dan Cukai Askolani.

Hal tersebut dikatakannya dalam rapat staf inti tentang program reformasi berkelanjutan pada 12 Oktober 2021.

Untuk mendukung pertumbuhan industri dalam negeri yang berorientasi ekspor, Bea Cukai Bengkulu bersama pemerintah daerah melakukan kegiatan ekspor cangkang sawit PT Mas Inti Persada pada Selasa (26/7). 

PT ini berhasil melaksanakan ekspor perdana sebanyak 8.500 ton cangkang sawit dengan tujuan Thailand. 

Setelah itu, perusahaan ini menyasar negara tujuan ekspor lain, seperti Jepang.

Sementara itu, di Pasuruan, Bea Cukai Pasuruan berhasil memfasilitasi PT Tung Cia Technology Indonesia untuk menggelar ekspor perdana pada Senin (25/7). Produk yang diekspor berupa 8.000 ton Hydrogenated Palm Oil (HPO) ke China. 

Bea Cukai Bengkulu bersama pemerintah daerah melakukan kegiatan ekspor cangkang sawit PT Mas Inti Persada pada Selasa (26/7)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News