Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Instansi untuk Optimalkan Ekspor

Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Instansi untuk Optimalkan Ekspor
Bea Cukai Makassar bersama Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan dan PT Angkasa Pura Logistik melaksanakan kegiatan ekspor komoditi perikanan dengan pesawat udara (direct flight) tujuan Singapura pada Rabu (01/12). Foto dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai di sejumlah wilayah melakukan sinergi dengan berbagai intansi. Hal itu dilakukan untuk bisa mengoptimalkan potensi ekspor produk perikanan dalam negeri.

Bea Cukai Makassar bersama Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan dan PT Angkasa Pura Logistik melaksanakan kegiatan ekspor komoditas perikanan dengan pesawat udara (direct flight) tujuan Singapura pada Rabu (01/12).

Bea Cukai Makassar mengawal sampai dengan terlaksananya kegiatan direct ekpor.

"Tentu merupakan kebanggaan bagi kami dan masyarakat Sulawesi Selatan dengan semakin banyaknya ekspor yang tembus ke pasar dunia," Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman.

"Ini merupakan bentuk sinergi dan koordinasi antara Bea Cukai dengan instansi terkait, serta para pelaku usaha," sambungnya.

Firman menjelaskan bahwa tujuan dari direct flight ekspor komoditas perikanan ke Singapura itu merupakan upaya untuk meningkatkan daya saing produk perikanan dari Sulawesi Selatan.

Menurut Firman pihaknya juga mendukung kebijakan pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui sektor kelautan dan perikanan.

“Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan hasil perikanan yang sangat besar," ujarnya.

Berdasarkan data ekspor komoditi perikanan periode 1 Januari — 29 November 2021 menunjukkan jumlah ekspor komoditas perikanan non hidup dari Sulawesi Selatan sebesar 2.838 ton dengan nilai komoditi sebesar Rp 221,2 miliar.

Bea Cukai di sejumlah wilayah melakukan sinergi dengan berbagai intansi. Hal itu dilakukan untuk bisa mengoptimalkan potensi ekspor produk perikanan dalam negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News