Bea Cukai Permudah Layanan Satu Pintu dan Dukung Ekspor Produk UMKM

Bea Cukai Permudah Layanan Satu Pintu dan Dukung Ekspor Produk UMKM
Bea Cukai berkolaborasi dengan lembaga terkait untuk mempermudah layanan terpadu satu pintu dan mendorong ekspor produk UMKM. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai bersinergi dengan pemerintah daerah untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha.

Kolaborasi ini diterapkan melalui layanan satu pintu dengan instansi di daerah dan acara penghargaan yang mengangkat tema UMKM.

Untuk mendukung produk UMKM hingga pasaran luar negeri, Bea Cukai Bogor melakukan studi tiru Rumah Ekspor Solo ke Bea Cukai Surakarta dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Surakarta, Kamis (17/2).

Rumah Ekspor Solo merupakan bentuk kolaborasi Bea Cukai, Ditjen Pajak, dan LPEI untuk pemberdayaan UMKM dalam program Business Development Service (BDS) dan pelatihan seputar perpajakan.

Melalui kegiatan studi tiru ini, diharapkan sinergi serupa diterapkan di wilayah Bogor dan sekitarnya.

Di Palu, Bea Cukai Pantoloan berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Balai Karantina Pertanian Kelas II Palu, serta Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Palu dalam bentuk Klinik Ekspor Sulawesi Tengah.

Bea Cukai Pantoloan bertemu dengan instansi tersebut untuk membahas pengembangan kegiatan ekspor di Sulawesi Tengah dan melanjutkan sinergi antarinstansi di daerah dalam program pelayanan terpadu satu pintu 2022, Jumat (25/2).

Membangun sinergi dengan cara yang sedikit berbeda, Bea Cukai Gresik menggelar kegiatan pemberian penghargaan kepada pengguna jasa dengan mengusung tema Beauty of Tenun, Kamis (24/2).

Bea Cukai bersinergi dengan pemerintah daerah dan lembaga terkait untuk mempermudah layanan terpadu satu pintu dan mendorong ekspor produk UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News