Bea Cukai Selenggarakan Konferensi Pimpinan Administrasi Pabean Se-Asia Pasifik

Bea Cukai Selenggarakan Konferensi Pimpinan Administrasi Pabean Se-Asia Pasifik
Bea Cukai menggelar The 23rd WCO Asia Pacific RHCA Conference pada 18-19 Mei 2022 di Jakarta. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menyelenggarakan The 23rd WCO Asia Pacific Regional Head of Customs Administration (RHCA) Conference pada 18-19 Mei 2022.

Kali ini, Bea Cukai mengemban posisi sebagai World Customs Organisation (WCO) Vice Chair Asia Pacific.

RHCA Conference merupakan pertemuan tingkat direktur jenderal atau pimpinan tertinggi administrasi pabean se-Asia Pasifik yang beranggota 33 negara, termasuk Australia, China, Jepang, dan Korea.

Konferensi ini bertujuan membahas rencana dan program strategis WCO yang telah dan akan dilaksanakan di level Asia-Pasifik.

Kegiatan yang diselenggarakan secara fisik di Nusa Dua, Bali, ini membahas beberapa agenda penting WCO.

Yakni, inisiatif dan kebijakan WCO, rencana strategis WCO 2022-2025, laporan Bea Cukai sebagai wakil ketua WCO Asia-Pasifik (A/P), Regional Office for Capacity Building (ROCB) A/P, Regional Intelligence Liaison Office (RILO) A/P, hingga rencana strategis kegiatan kepabeanan.

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menyampaikan, memanasnya tensi global akhir-akhir ini mengakibatkan krisis kemanusiaan yang berdampak besar terhadap gangguan pasokan.

Selain itu, melonjaknya harga komoditas dan energi yang menciptakan tekanan inflasi serta terhambatnya pemulihan ekonomi.

Bea Cukai menggelar Konferensi Pimpinan Administrasi Pabean Asia-Pasifik untuk membahas program dan strategi ke depan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News