Bea Cukai Terus Dorong UMKM Lokal Memperluas Pasar Ekspor Lewat Kegiatan Ini

Bea Cukai Terus Dorong UMKM Lokal Memperluas Pasar Ekspor Lewat Kegiatan Ini
Bea Cukai melaksanakan asistensi pada UMKM yang memiliki potensi untuk ekspor.. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, TANJUNGPINANG - Bea Cukai terus berupaya mendorong sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memperluas pasar internasional melalui pembinaan dan asistensi ekspor di daerah.

Hal ini seperti yang dilakukan Bea Cukai Tanjungpinang dan Bea Cukai Banten yang telah melaksanaan asistensi pada UMKM yang memiliki potensi untuk ekspor.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Encep Dudi Ginanjar mengungkapkan sektor UMKM merupakan pilar penting perekonomian Indonesia, karena terbukti mampu menyerap jumlah tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran.

“Peningkatan sektor UMKM sejalan dengan peningkatan perekonomian Indonesia,” kata Encep dalam keterangan resminya, Kamis (4/5).

Encep mengungkapkan untuk menggali potensi ekspor, Bea Cukai Tanjungpinang melakukan kegiatan bertajuk 'Blusukan UMKM', yakni melakukan kunjungan dan asistensi secara langsung terhadap UMKM yang memiliki potensi untuk ekspor.

Bea Cukai Tanjungpinang mendatangi langsung pelaku usaha Bernama Seri Lancar yang berlokasi di wilayah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau pada Kamis (21/3).

Seri Lancar merupakan pelaku usaha yang bergerak di bidang produksi olahan makanan ringan.

Asistensi kepada UMKM juga dilaksanakan Kanwil Bea Cukai Banten kepada PT Persatuone Komoditas Indonesia pada Rabu (27/3), dan PT Followme Indonesia pada keesokan harinya.

Lewat kegiatan asistensi, Bea Cukai terus mendorong UMKM lokal memperluas pasar ekspor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News