Beberapa Tragedi Kecelakaan Pesawat Dunia

Beberapa Tragedi Kecelakaan Pesawat Dunia
Kecelakaan Pesawat di Nigeria. Menewaskan Seluruh Penumpang dan Awak Pesawat, Kecelakaan Serupa Banyak Terjadi Karena Berbagai Sebab. Mulai Dari Persoalan Teknis Hingga Human Error. Foto: CNN

jpnn.com - NASIB 239 penumpang pesawat Malaysia Airlines MH370, hingga saat ini masih menjadi misteri. Pesawat itu dinyatakan hilang kontak, saat terbang dari Malaysia menuju Beijing, China, Sabtu (8/3) dini hari. Meski belum dapat dipastikan apa yang sesungguhnya terjadi, kejadian ini seolah mengembalikan bayangan tentang betapa banyaknya tragedi memilukan dari layanan angkutan udara tersebut.

Bila berbicara soal aksi terorisme, maka bayangan masyarakat dunia tentu masih mengingat ketika teror terhadap Amerika Serikat pada 11 September 2011. Dimana para teroris berhasil membajak empat pesawat. Dua diantaranya, menambrak World Trade Center hingga bangunan itu akhirnya runtuh. Sedangkan satu pesawat menambrak Pentagon dan satu pesawat lainnya jatuh di pedesaan, Pennsylvania. Kejadian ini seketika menghilangkan hingga ribuan nyawa.

Namun mayoritas kecelakaan pesawat, diakibatkan karena faktor human error ataupun masalah teknis penerbangan. Berikut beberapa contoh tragedi dalam dunia penerbangan, yang menghilangkan ratusan nyawa dalam satu kali kejadian, dilansir dari laman CNN.

3 Maret 1974 : 346 orang dinyatakan tewas setelah pesawat Turkish Airlines DC-10 mengalami dekompresi mendadak tak lama setelah lepas landas dari Paris. Pesawat terjun bebas dan meledak di sebuah taman di Ermeonville , Perancis.

27 Maret 1977 : Karena salah komunikasi, pesawat Royal Dutch Boeing 747 yang mulai lepas landas, menabrak Pan American World Airways Boeing 747, saat pesawat itu masih di landasan pacu Bandara Los rodeo di Tenerife, Kepulauan Canary. Sebanyak 574 orang dari dua pesawat naas tersebut, dinyatakan tewas.

25 Mei 1979 : Sayap kiri dari American Airlines DC - 10 jatuh saat mencoba untuk lepas landas dari Bandara Internasional Chicago O'Hare. 275 orang dinyatakan tewas.

28 November 1979 : Diyakini karena kesalahan navigasi, 275 penumpang dan awak pesawat Air New Zealand, dinyatakan tewas setelah pesawat jatuh di Antartika.

12 Agustus 1985 : Kecelakaan mematikan dengan melibatkan satu pesawat, Japan Airlines Flight 123-Boeing 747. Pesawat naas ini mengalami kecelakaan sesaat setelah lepas landas dari Tokyo. 520 orang dinyatakan tewas dan empat orang, secara ajaib dinyatakan selamat meski dengan luka permanen.

NASIB 239 penumpang pesawat Malaysia Airlines MH370, hingga saat ini masih menjadi misteri. Pesawat itu dinyatakan hilang kontak, saat terbang dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News