Begini 5 Ciri Sabun Mandi yang Baik

Begini 5 Ciri Sabun Mandi yang Baik
Sabun mandi SK7. Foto: Istimewa

jpnn.com - Biasanya, referensi orang dalam memilih sabun mandi adalah yang berbusa, wangi, kemasan menarik, harga terjangkau, dan bisa dipakai oleh seluruh anggota keluarga. Jumlahnya di pasaran pun tak terhitung. Padahal, pemilihan sabun mandi sebaiknya dilakukan secara saksama karena penting untuk menjaga dan memperbaiki kulit agar tampak sehat. Lalu seperti apa ciri-cici sabun mandi yang baik?

Sejatinya, perawatan kulit yang baik adalah perawatan yang sesuai dengan tipe kulit masing-masing. Apalagi jika Anda menggunakan produk tersebut setiap hari secara rutin. Penggunaan sabun mandi yang tidak sesuai dengan tipe kulit bisa menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, gatal, dan sejumlah permasalahan kulit lainnya. Agar terhindar dari kondisi ini, ada beberapa tips dalam memilih sabun mandi yang tepat.

1. Kenali tipe kulit Anda

Tipe kulit sangat memengaruhi pemilihan produk sabun mandi. Ketahui apakah tipe kulit Anda, apakah itu normal, berminyak, atau berjerawat. Namun, terdapat kondisi kulit lainnya yang juga membuat Anda sebaiknya pilih-pilih dalam memilih sabun, yaitu kulit sensitif.

Tipe kulit normal memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang di dalam kulit, sehingga kulit normal biasanya terhindar dari masalah kulit.

Ciri-ciri kulit berminyak antara lain pori-pori yang membesar, kulit terlihat kusam, memiliki komedo, dan mudah berjerawat. Produksi minyak yang banyak memudahkan kotoran menempel dan menimbulkan masalah seperti bau badan, sehingga harus lebih sering dibersihkan. Kulit kering memiliki kadar sebum atau minyak yang rendah.

Ciri kulit kering yaitu sering terlihat kusam. Selain itu, kulit memiliki sisik halus dan mudah mengelupas. Kulit kering lebih disarankan untuk menggunakan sabun yang memiliki kandungan pelembap seperi susu atau minyak zaitun.

2. Kenali jenis sabun

Penggunaan sabun mandi yang tidak sesuai dengan tipe kulit bisa menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, gatal, dan sejumlah permasalahan kulit lainnya. Agar terhindar dari kondisi ini, ada beberapa tips dalam memilih sabun mandi yang tepat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News