Begini Amanat KSAL Saat Peringatan HUT Kowal 2016

Begini Amanat KSAL Saat Peringatan HUT Kowal 2016
KSAL Laksamana TNI Ade Supandi menyematkan satya lencana dharma olahraga kepada tiga kowal yang menorehkan prestasi olahraga bagi TNI AL pada peringatan HUT Kowal ke-53 di Kolinlamil, Jakarta, Selasa (5/1/2016). FOTO: Dispen Kolinlamil for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, TNI Angkatan Laut telah memberikan kesempatan yang luas bagi anggota Kowal untuk mengikuti pendidikan di dalam maupun di luar negeri untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan yang dipersyaratkan bagi organisasi.

“Angkatan Laut seiring dengan dinamika jaman khususnya terkait kesetaraan gender, memberikan kepada Kowal untuk bisa mendapatkan kesempatan sekolah ke luar negeri untuk tingkatkan kemampuannya,” kata Laksamana TNI Ade Supandi dalam sambutannya pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun Korps Wanita Angkatan Laut ke-53 di Dermaga Kolinlamil, Selasa (5/1).

Peringatan HUT kowal kali ini mengangkat tema “Prajurit Hebat dan Bermartabat”.  Hal ini menunjukkan tekad dan motivasi yang kuat dari seluruh personel kowal untuk menjadi prajurit yang profesional, tangguh dan handal, tidak lagi sebagai komplemen prajurit pria, namun berdiri tegak sejajar.

Dalam meniti karier, menurut KSAL, prajurit wanita juga diberikan kesempatan yang sama dengan prajurit pria sesuai dengan kompetensi dalam bidang penugasan. Salah satunya adalah penugasan prajurit wanita TNI Angkatan Laut sebagai ABK KRI berjenis Landing Platform Dock.

Dengan segala keterbatasan yang dihadapi, Kowal harus mampu dengan sigap dan tangkas serta dapat menjalin kerja sama yang solid dengan anak buah kapal lainnya.  

“Dengan penugasan tersebut, maka pola dan  sistem kerja prajurit kowal harus dapat menyesuaikan segala aturan dan situasi yang ada,” ujar Laksamana TNI Ade Supandi.

Pada bidang penugasan Korps Wanita Angkatan Laut juga telah menorehkan banyak prestasi dalam perkembangannya di usia ke-53 tahun ini, selain telah melibatkan diri sebagai Pasukan Perdamaian PBB, dalam bidang olahraga Kowal juga berhasil meraih prestasi dalam Kejuaraan Taekwondo Vietnam People Army Open 2011 sebagai juara ke II, Juara III dalam Lomba Layar Singapore Straits Regatta di Singapura tahun 2013 dan Juara I dalam Kejuaraan Terjung Payung Militer di China tahun 2013.

Pada upacara kali ini juga dilaksanakan penganugerahan Satya Lencana Dharma olah raga kepada para atlet kowal yang telah berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional.

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News