Begini Awal Mula Bu Jenderal Calon Bos KPK Masuk Polwan

Begini Awal Mula Bu Jenderal Calon Bos KPK Masuk Polwan
Salah seorang calon pimpinan KPK Brigjen Pol Basaria Panjaitan (kanan) saat mengikuti wawancara Calon Pimpinan KPK di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (24/8). Pansel KPK menggelar seleksi wawancara tahap akhir terhadap 19 calon pimpinan KPK yang akan berlangsung selama tiga hari hingga Rabu (26/8). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - NAMA Brigjen Pol Basaria Panjaitan menjadi salah satu calon pimpinan KPK yang tengah berjuang mengikuti seleksi. Kemarin, (24/8) polisi yang sudah malang melintang di dunia reserse itu menjalani tes wawancara yang digelar pansel pimpinan KPK di Gedung Setneg, Jakarta Pusat. 

Sebagai seorang polisi dimulai ketika dia meraih gelar sarjana hukum dari Universitas Jayabaya pada 1984. Saat itu tak ada di benaknya akan menjadi seorang polisi. Orang tuanya serta tujuh saudaranya juga tidak menjadi polisi.

"Saya ini orangnya tipe pekerja. Saat itu saya hanya berpikir, selesai kuliah harus bekerja," kata bungsu di antara delapan bersaudara tersebut saat diwawancari Jawa Pos (Induk JPNN) beberap waktu lalu.

Ketika Polri mengumumkan penerimaan Polwan dari sarjana, pada saat itulah Basaria mendaftar Sekolah Calon Perwira (Sepa) Polri di Sukabumi dan diterima. Lulus sebagai Polwan berpangkat Ipda, Basaria langsung ditugaskan di reserse narkoba Polda Bali.

"Kalau dihitung-hitung, memang saya banyak di reserse narkoba," katanya. 

Seperti diketahui, Basaria lama sebagai reserse narkoba. Dia tercatat pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Reserse Narkoba Polda NTB (1997-2000), Kepala Bagian Reserse Narkoba Polda Jawa Barat (2000-2004), Direktur Reserse Kriminal Polda Kepulauan Riau (2006-2008) dan Kepala Pusat Provos Divisi Profesi dan Pengamanan Polri pada tahun 2009.  (mas/jpnn)


NAMA Brigjen Pol Basaria Panjaitan menjadi salah satu calon pimpinan KPK yang tengah berjuang mengikuti seleksi. Kemarin, (24/8) polisi yang sudah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News