Sabtu, 15 Desember 2018 – 06:45 WIB

Begini Cara Atasi Sulit BAB Saat Hamil

Selasa, 05 Juni 2018 – 05:08 WIB
Begini Cara Atasi Sulit BAB Saat Hamil - JPNN.COM

jpnn.com - Ibu hamil kerap mengalami konstipasi, yakni kesulitan saat buang air besar (BAB). Keluhan ini paling sering dirasakan sebagai akibat berkurangnya frekuensi BAB atau konsistensi feses yang keras.

Tak jarang, kondisi ini juga menimbulkan rasa tidak nyaman di perut akibat feses yang tidak sepenuhnya keluar. Kondisi ini merupakan sesuatu yang normal terjadi. Lantas, adakah solusinya?

Mengapa ibu hamil rentan konstipasi?

Saat hamil, hormon progesteron yang berfungsi memelihara kehamilan akan meningkat dan menyebabkan otot-otot tubuh relaks, termasuk otot-otot yang melapisi saluran cerna seperti lambung dan usus. Efeknya, proses pencernaan makanan akan melambat, termasuk pergerakan usus yang memicu rasa ingin BAB.

Gerakan usus yang semakin melambat akan membuat konsistensi feses menjadi lebih keras. Kombinasi kedua faktor inilah yang kemudian memicu konstipasi. Faktor lain yang memperburuk keluhan konstipasi yaitu berkurangnya aktivitas fisik, perubahan pola makan selama hamil, konsumsi suplemen zat besi, serta rahim yang semakin membesar sehingga menekan jalur pengeluaran feses.

Solusi konstipasi saat hamil.

Kondisi hamil tentu membuat pilihan terapi konstipasi menjadi terbatas. Ibu hamil tidak boleh sembarang menggunakan obat-obatan kimia karena bisa memengaruhi janin. Untungnya, untuk masalah konstipasi, masih ada cara-cara alami untuk mengatasinya.

1. Konsumsi lebih banyak serat.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar