Begini Cara Bea Cukai Bantu UMKM Naik Kelas

Begini Cara Bea Cukai Bantu UMKM Naik Kelas
Bea Cukai siap membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan, menengah (UMKM) agar bisa naik kelas. Ilustrasi foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali memberikan asistensi kepada sejumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Bea Cukai mengunjungi pelaku usaha maupun audiensi di kantor Bea Cukai di daerah.

“Asistensi terhadap pelaku UMKM oleh Bea Cukai mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN) dari sisi ekspor dan impor,” ungkap Hatta Wardhana, kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Dalam menggali potensi ekspor, Bea Cukai Gresik melalui klinik ekspor aktif memberikan asistensi terhadap para pelaku UMKM di Kabupaten Gresik. 

Berdasarkan berita dari media online nasional, terdapat potensi ekspor sapu lidi dari Kabupaten Gresik yang berhasil mengirim produknya ke Brunei Darussalam. 

Karena itu, Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Gresik melakukan kunjungan ke Desa Karangsemanding, Balongpanggang, Gresik, pada Jumat (8/7).

“Saat Tim Klinik Ekspor tiba, para perajin sapu lidi mengonfirmasi kebenaran berita ekspor ke Brunei Darussalam. Namun, para perajin ini hanya menyuplai produknya ke pengusaha ekspor dalam negeri,’’ ucapnya.

Karena itu, asistensi ini dapat membuka peluang untuk ekspor mandiri dengan berkoordinasi dengan perwakilan KBRI di Brunei, Malaysia, dan Jepang.

Bea Cukai terus mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa naik kelas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News