Begini Cara Bea Cukai Dorong Pelaku Usaha di Daerah Agar Bisa Ekspor

Begini Cara Bea Cukai Dorong Pelaku Usaha di Daerah Agar Bisa Ekspor
Bea Cukai koordinasi kepada instansi untuk bisa mendorong pelaku usaha melakukan ekspor. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menggandeng berbagai instansi untuk mendorong para pelaku usaha di berbagai daerah agar bisa melakukan ekspor.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Tubagus Firman Hermansjah mengungkapkan melalui sinergi ini Bea Cukai berharap bisa mendorong lahirnya eksportir yang akan memasarkan komoditi unggulan dari masing-masing daerah ke pasar internasional.

Dia mengatakan Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat berkolaborasi dengan Dinas Tanaman Pangan dan hortikultura, perwakilan pihak perbankan, dan juga beberapa pengusaha pertanian, untuk mendorong geliat ekspor komoditas hortikultura.

"Kami akan memberikan asistensi terkait ekspor, fasilitas kepabeanan, dan fasilitas fiskal bagi calon eksportir,” ungkap Firman dalam siaran persnya, Senin (27/9).

Firman menambahkan untuk menyukseskan ekspor komoditas hortikultura diperlukan pembinaan bagi petani di Kalimantan Barat terkait proses produksi untuk ekspor, ketersediaan program pembiayaan, dan dukungan seluruh instansi terkait untuk mendorong roda perekonomian.

Sementara itu Bea Cukai Tanjung Emas berkoordinasi dengan Sekda Jawa Tengah, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Biro Perekonomian, Dinas Perhubungan, dan Disperindag Provinsi untuk membahas langkah strategis yang bisa dilakukan agar masalah dapat diselesaikan.

Dia mengatakan kelangkaan kontainer untuk ekspor yang berlangsung selama 3 hari itu menyebabkan penumpukan komoditi barang furniture/mebel dari Jepara.

Sehingga Bea Cukai Tanjung Emas memberikan solusi agar eksportir kecil menggunakan konsolidator jalur udara, yang saat ini masih jarang terpakai.

"Agar ekspor tetap berlangsung secara kontinyu,” jelas Firman.

Bea Cukai menggandeng berbagai instansi untuk mendorong para pelaku usaha di berbagai daerah agar bisa melakukan ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News