Begini Cara Bea Cukai Dorong Pengusaha Lokal Tembus Pasar Global

Begini Cara Bea Cukai Dorong Pengusaha Lokal Tembus Pasar Global
Petugas Bea Cukai mengunjungi langsung perusahaan yang menghasilkan produk plywood untuk memberikan asistensi dan solusi atas kendala yang dihadapi untuk melakukan ekspor. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai tiada hentinya untuk terus mendorong pelaku usaha hingga ke daerah-daerah agar bisa melakukan ekspansi menjual produknya ke pasar global.

Sistem jemput bola juga diterapkan untuk memberikan asistensi kepada perusahaan besar maupun pelaku usaha menengah.

"Berbagai upaya dan fasilitas kami maksimalkan untuk terus menggenjot ekspor," kata Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, Kamis (9/9).

Bea Cukai Magelang, misalnya, selain konsisten memberikan asistensi kepada pengusaha UMKM, juga menerapkan sistem jemput bola dengan menyasar pameran di sebuah mal untuk menjaring produk UKM berpotensi ekspor.

Untuk UMKM, asistensi diberikan kepada pengusaha yang memiliki produk unggulan berupa pot tanaman organik dari anyaman tali sabut kelapa yang berlokasi di Kecamatan Mertoyudan.

Pembinaan yang diberikan meliputi teknik perdagangan internasional, perizinan eksportir hingga tata laksana kepabeanan di bidang ekspor.

"Kegiatan tersebut merupakan bagian gerakan berkelanjutan yang dilaksanakan Bea Cukai Magelang untuk meningkatkan ekspor nasional, khususnya produk-produk UKM," jelas Firman.

Bea Cukai Jambi melalui tim klinik ekspornya juga melakukan kegiatan serupa.

Bea Cukai menggunakan banyak cara agar pelaku usaha di daerah bisa memasarkan produk unggulannya ke pasar global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News