Begini Cara Bea Cukai Mendorong Pelaku UMKM untuk Tingkatkan Ekspor

Begini Cara Bea Cukai Mendorong Pelaku UMKM untuk Tingkatkan Ekspor
Petugas Bea Cukai Cirebon melepas ekspor perdana perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat, yaitu PT Long Rich Indonesia, Selasa (14/9). Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali melakukan sinergi dengan berbagai pihak di daerah agar pelaku usaha bisa meningkatkan ekspor. Salah satunya adalah daerah Jawa Tengah.

Di Semarang, Bea Cukai Tanjung Emas hadir dalam Forum Komunikasi Informasi dan Analasis Pasar Luar Negeri yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah beberapa hari lalu.

Dalam forum tersebut, mereka membahas potensi ekspor dan beberapa keluhan UMKM di wilayah Jateng, antara lain terkait kelangkaan kontainer ekspor.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman menanggapi terkait keluhan atas kontainer ekspor tersebut.

Menurut dia permasalah itu tidak bisa diselesaikan sendiri, tetapi membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

"Kita perlu kembangkan digitalisasi proses perizinan, keringanan biaya kepelabuhan, pengawasan harga dalam jangka panjang,” kata Firman.

Menurut Firman, Pemprov Jateng akan mengambil langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut dan berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi bersama K/L lainnya seperti Kemenko Perekonomian, Kemendag, Kemenhub, dan Kemenkeu.

“Pemerintah berusaha akan mengambil langkah termasuk berdiskusi dengan Main Line Operator (MLO) untuk pengaturan tarif atas-bawah ocean freight cost serta mekanisme berupa insentif keringanan untuk UMKM,” ungkap Firman.

Bea Cukai kembali melakukan sinergi dengan berbagai pihak di daerah agar pelaku usaha bisa meningkatkan ekspor. Salah satunya adalah daerah Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News