Begini Cara Imigrasi Depok Meningkatkan Mental Pegawainya

Begini Cara Imigrasi Depok Meningkatkan Mental Pegawainya
Suasana 'upgrade mental' para pegawai Imigrasi Depok. Foto: M. Amjad/JPNN.com

jpnn.com - DEPOK - Kantor Imigrasi kelas II Depok memiliki cara tersendiri untuk memaksimalkan kinerja para pegawainya. Tak hanya menertibkan proses pelayanan dan menjadikan waktu pelayanan lebih cepat, mereka juga membangun kedekatan dan meningkatkan mental pegawainya.

Kepala Imigrasi kelas II Depok, Dudi Iskandar, menjelaskan bahwa pelayanan tak hanya untuk masyarakat. Pegawai juga harus diupgrade dengan cara tertentu agar semakin maksimal bekerja.

"Saya punya program pengajian rutin, setelah itu ramah tamah bersama. Ini dilakukan rutin setiap bulan, sehingga mental pegawai mendapatkan peningkatan, semakin dekat dengan Tuhan. Selain itu pegawai juga semakin dekat satu sama lain karena saat pengajian itulah, semua bisa berkumpul bersama dalam satu ruangan," kata Dudi saat ditemui di kantornya, kawasan Kota Kembang, Depok, Senin (25/4).

‎Menurutnya, pendekatan keagamaan lebih mengena untuk memberikan nasihat dan masukan kepada para pegawai. "Kalau ulama cara bicaranya beda. Kalau saya mungkin secara keagamaan kurang, tapi kan ada ada Pak Ustaz," tutur Dudi.

Sementara itu, untuk membuat nyaman masyarakat yang mengurus paspor dan kepentingan Imigrasi lainnya, Dudi telah menanamkan kepada pegawainya untuk memberikan servis yang baik. Ibaratnya sebuah hotel, dia menyiapkan welcome drink untuk mereka yang melakukan pengurusan keimigrasian.

"Jadi kami benar-benar bisa membuat mereka nyaman. Kalau yang mengurus nyaman, yang bekerja juga nyaman," tegasnya. (dkk/jpnn‎)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News