Begini Cara Ma'ruf Amin Hadapi Haters

Begini Cara Ma'ruf Amin Hadapi Haters
Kiai Ma'ruf Amin. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menceritakan bagaimana dirinya menghadapi haters di media sosial. Hal ini diungkapkannya setelah menerima pertanyaan dari sejumlah anak muda dari Relawan Milenial Jokowi-Ma'ruf Amin di kediaman Ma'ruf di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12).

Ma'ruf menjawab, ulama tugasnya adalah memimpin umat. Dan umat itu, ada yang santun, usil, dan ada juga yang galak.

"Karena itu, kami harus bisa merespons dengan baik. Karena ulama itu pengikut Nabi Muhammad SAW. Nabi itu santun. Dan santun itu rahmat. Jadi walaupun beliau (nabi) marah, tidak boleh ditunjukkan marah-marah," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf lalu mengutip sebuah kisah di Alquran. Ceritanya, Nabi Harun dan Nabi Musa, oleh Allah SWT, diminta menasihati Raja Firaun dari Mesir.

Ma'ruf mengatakan, Firaun itu durjana sekali, mengaku sebagai tuhan. "Kata Allah, katakan kepada Firaun itu, wahai Musa dan Harun, dengan ucapan yang santun," kata Kiai Ma'ruf.

"Jadi orang kayak gitu (Firaun) saja harus disikapi santun. Apalagi haters yang mengkritik, nyinyir. Ulama itu sabar, santun, dan menanggapi dengan senyum saja," tambah Pendiri Ponpes An Nawawi Tanara Banten itu. (tan/jpnn)


Menurut Ma'aruf Amin umat itu, ada yang santun, usil, dan ada juga ada yang galak.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News