Begini Cara Mendapatkan Uang Pecahan Rp75 Ribu Bergambar Soekarno-Hatta

Begini Cara Mendapatkan Uang Pecahan Rp75 Ribu Bergambar Soekarno-Hatta
Foto: Instagram bank_indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat bisa memiliki uang pecahan Rp75 ribu yang baru saja diluncurkan pemerintaah bersama Bank Indonesia bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan ke-75 RI, di Jakarta pada Senin (17/8).

Menurut Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI) berbentuk uang kertas ini juga resmi menjadi alat pembayaran yang sah (legal tender).

UPK 75 Tahun RI ini dapat diimiliki oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), melalui mekanisme penukaran uang Rupiah pada aplikasi berbasis website di tautan https://pintar.bi.go.id.

"Satu KTP tersebut berlaku untuk satu lembar UPK 75 Tahun RI. Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB," kata Perry dalam siaran pers BI, Senin.

Diketahui, UPK edisi khusus ini bergambar Pahlawan Nasional sekaligus Proklamator Kemerdekaan RI, Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta sebagai gambar utama pada bagian depan.

Selain itu, penukaran uang pecahan Rp75 ribu ini juga dapat dilakukan di seluruh Kantor BI mulai 18 Agustus 2020.

Selanjutnya, mulai 1 Oktober 2020, penukaran dapat dilakukan di Kantor BI dan kantor bank umum yang telah ditunjuk dan bekerja sama dengan BI.

"Pelaksanaan penukaran dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang telah ditetapkan pemerintah," tambahnya.(fat/jpnn)

Uang pecahan Rp 75 ribu sudah bisa dimiliki masyarakat dan penukaran bisa dilakukan di kantor BI dan bank lain yang ditunjuk.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News