Begini Cara Menggosok Gigi yang Benar

Begini Cara Menggosok Gigi yang Benar
Drg Abas Andri Bastian SIP, dokter gigi di Klinik Amanah Dental Smile Jalan dr Soekardjo No 11 Tasikmalaya. Foto: Radar Tasikmalaya/JPNN.com

jpnn.com - JANGAN pernah menyepelekan urusan kesehatan gigi. Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi harus dibiasakan sejak dini. 

Demikian dikatakan drg Abas Andri Bastian SIP, dokter gigi di Klinik Amanah Dental Smile Jalan dr Soekardjo No 11 Tasikmalaya. 

“Ini penting karena berdasar hasil kunjungan yang dilakukan, sekarang anak usia dini sudah banyak giginya yang bolong. Akibat makan coklat, permen dan lainnya. Tapi kebanyakan karena minum susu dan tidak pernah dibersihkan,” ungkap Abas yang juga menjabat ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Tasikmalaya ini.

Itu juga karena anak-anak belum bisa mengosok gigi dengan baik. Sehingga dia menyarankan supaya orang tua membimbingnya. 

“Gigi anak mudah sekali keropos karena anatomi gigi anak yang masih mudah untuk rusak. Sekali bolong maka akan cepat penyebarannya karena strukturnya lebih rapuh dibanding gigi dewasa. Dan jika ada kerusakan dan dibiarkan lama-lama akan ancur,” ungkapnya.

Untuk mencegah kerusakan pada gigi, menurut Abas, yang perlu dilakukan yakni dengan menjaganya. 

Itu bisa dilakukan dengan menggosok gigi dengan baik. Karena sejauh ini masih banyak yang salah dalam menggosok giginya. 

Dia menjelaskan cara memgosok gigi yang benar adalah menyikat gigi dimulai dari gigi belakang sebelah kanan. 

JANGAN pernah menyepelekan urusan kesehatan gigi. Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi harus dibiasakan sejak dini.  Demikian dikatakan drg

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News