Begini cara Mona Ratuliu Menghadapi Anak yang Mulai Remaja

Begini cara Mona Ratuliu Menghadapi Anak yang Mulai Remaja
Mona Ratuliu saat ditemui di Pejaten Village, Jakarta Selatan. Foto: Djainab Natalia Saroh/JPNN

jpnn.com, KOLKATA - Artis Mona Ratuliu punya cara tersendiri menghadapi anaknya yang kini sudah mulai remaja. Dia berusaha menjaga hubungan dengan anaknya agar tetap baik. 

Meskipun terkadang muncul kesalahpahaman antara dirinya dan anak. Menurutnya, itu lah yang menjadi kesulitan seorang ibu memahami anaknya yang menginjak usia remaja.

"Kesulitannya memahami si remaja itu, mungkin kita pulang udah lelah banyak pikiran terus namanya juga remaja, dia kan menggebu-gebu kadang-kadang dia kan semangat, tapi kita pikir dia membentak atau melawan," kata Mona Ratuliu, ketika ditemui di Museum Nasional Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Mona mengatakan, komunikasi anak memang belum sempurna. Sehingga cara anak remaja mengungkapkan pendapat atau curhat seakan sedang marah atau kesal. Sehingga perlu mengerti dan memahami apa yang ingin disampaikan oleh anak. Salah satunya dengan sabar jadi pendengar.

"Aku berusaha mendengarkan apa sih opininya karena terkadang remaja punya point of view yang berbeda sama kita," lanjut Mona Ratuliu.

Sebagai orang tua, lanjut istri Indra Brasco ini, punya kewajiban meluruskan jika ada pendapat yang salah dari sang anak. Berusaha mananamkan kalau menyampaikan pandangan yang berbeda itu boleh asalkan tidak saling menyalahkan satu sama lain.

Dia juga mencoba memahami kehidupan anak zaman sekarang yang sangat dekat dengan media sosial. Walau ada efek negatif media sosial terhadap remaja, Mona Ratuliu yakin banyak juga pengaruh positifnya.

"Tidak semua media sosial negatif, banyak juga positifnya, kayak anakku akhirnya berkolaborasi dengan orang lain, punya link yang luas asalkan dipergunakan dengan baik sebagai orang tua juga perlu memantau," tandasnya. (jpc/jpnn)


Artis Mona Ratuliu punya cara tersendiri menghadapi anaknya yang kini sudah mulai remaja.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News