Begini Kata Marwan Jafar Soal Pentingnya Sebuah Lembaga

Begini Kata Marwan Jafar Soal Pentingnya Sebuah Lembaga
Marwan Jafar/ dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA --  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Marwan Jafar mengatakan peran lembaga sangat penting sebagai corong di tengah masyarakat yang bertindak sebagai pencurah gagasan serta pemikiran dalam pembangunan desa.

Hal ini, kata Marwan, demi mendorong percepatan pembangunan dan  mencapai kesejahteraan desa secara berkelanjutan.

Berbicara saat Peluncuran dan Bedah Buku “Desa Mengembangkan Kehidupan Berkelanjutan” di Yogyakarta, kemarin (28/1), Marwan menyatakan untuk menuju pada sebuah desa yang berdikari, mencapai kesejahteraan yang berkesinambungan, tentu bukan hal yang mudah.

Diperlukan banyak pemikiran dan gagasan serta keterlibatan dari semua pihak masyarakat. "Baik itu lembaga desa, organisasi serta kerjasama dengan lembaga-lembaga di perguruan tinggi,” ujar Menteri Marwan.

Ia menambahkan, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan, lembaga-lembaga baik yang berafiliasi dengan perguruan tinggi maupun langsung bersentuhan dengan masyarakat desa,  mampu memberikan daya sentuh yang berbeda dalam melakukan pembangunan desa.

Oleh karena itu lembaga otonom dalam hal ini bertindak sebagai penyambung lidah masyarakat dengan pemerintah.

Lembaga-lembaga perguruan tinggi maupun LSM yang menaruh minat pada pembangunan desa memiliki cara sentuh yang berbeda dibandingkan dengan pemerintah. "Pada aspek ini lembaga mampu menjadi “penerjemah” atas kebekuan yang bisa terjadi antara masyarakat desa dan birokrasi,” sebut Marwan.

Menteri Desa pertama ini menyadari bahwa keberadaan lembaga yang berperan di tingkat desa dapat menjembatani atau bahkan menghidupkan sisi kreatifitas masyarakat dalam mengenali potensi lokal.

JAKARTA --  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Marwan Jafar mengatakan peran lembaga sangat penting sebagai corong di tengah masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News