Begini Kiprah Bea Cukai di Organisasi Kepabeanan Dunia

Begini Kiprah Bea Cukai di Organisasi Kepabeanan Dunia
Bea Cukai berpartisipasi di Kantor Pusat WCO, Brussel, dalam rangkaian pertemuan The 86th Policy Commission dan The 139th/140th Customs Cooperation Council Council Session pada 20-25 Juni 2022. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Sejak bergabung dalam World Customs Organization (WCO) pada 30 April 1957, Bea Cukai terus menunjukkan peran dalam setiap kegiatan organisasi, baik di Brussel maupun wilayah Asia-Pasifik.

WCO adalah organisasi dunia antar pemerintah yang independen yang memiliki misi untuk mendorong efektivitas dan efisiensi administrasi pabean dalam mencapai tujuan.

Yaitu, memberikan kemudahan perdagangan, perlindungan kepada masyarakat, dan mengumpulkan penerimaan bagi pemerintah.

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai, Nirwala Dwi Heryanto mengatakan, sejak 1 Juli 2020, pihaknya memegang peranan penting sebagai WCO Asia Pacific Vice-chair (WCO A/P Vice-chair) periode 2020-2022.

Vice-chair merupakan koordinator setiap kawasan yang mempunyai tugas utama mengoordinasikan kegiatan, mendorong kemajuan negara anggota, serta mewakili dan menyuarakan kepentingan regional maupun forum kerja sama internasional lain.

“Dengan menjadi Vice-chair, Bea Cukai berkesempatan menunjukkan kemampuan menjadi pemimpin bagi 32 negara anggota di kawasan A/P yang beranggota beberapa negara maju, seperti Australia, China, Jepang, dan Korea,” ungkapnya.

Bertindak sebagai WCO A/P Vice-chair, Bea Cukai turut berpartisipasi secara fisik di Kantor Pusat WCO, Brussel, dalam rangkaian pertemuan The 86th Policy Commission dan The 139th/140th Customs Cooperation Council (Council Session) pada 20-25 Juni 2022. 

Dalam kegiatan tersebut, Bea Cukai turut menentukan berbagai kebijakan penting WCO, pembinaan hubungan antarinstansi kepabeanan dunia, serta kolaborasi peningkatan pelayanan dan pengawasan.

Bea Cukai mengambil peran besar ini dalam Organisasi Kepeabeanan Dunia. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News