Begini Kondisi 5 Pasien Positif Corona di RSUP Persahabatan

Begini Kondisi 5 Pasien Positif Corona di RSUP Persahabatan
Petugas medis melintas di depan ruang isolasi Pasien Dengan Pengawasan (PDP) Corona di Gedung Pinere RSUP Persahabatan, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (4/3). Foto: ANTARA/Andi Firdaus

jpnn.com, JAKARTA - Kondisi kesehatan lima pasien positif virus Corona yang menjalani isolasi di RSUP Persahabatan dalam keadaan baik. Kelima pasien positif Corona itu tidak menggunakan alat bantu pernapasan selama berada di ruang isolasi.

"Semua yang dirawat karena positif ini, tidak menggunakan alat bantu napas dari awal masuk rumah sakit. Mereka umumnya kondisinya sudah agak baikan," kata Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah, Selasa (10/3).

Mengacu catatan klinis, lima pasien positif Corona tidak mengalami batuk dan demam. Hanya satu pasien yang masih menderita sesak napas selama menjalani isolasi di RSUP Persahabatan.

"Satu keluhannya sesak napas, tetapi yang empat itu keadaan umumnya relatif baik. Jadi, yang sesak hanya satu orang," ucap dia.

Lebih lanjut, kata Rita, RSUP Persahabatan melakukan tindakan medis sesuai ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO ketika menangani pasien positif Corona.

Lima pasien positif Corona berada di ruang berbeda dengan pasien lain di RSUP Persahabatan. Bahkan, pasien positif tidak ditempatkan bersama dengan pasien dalam pengawasan (PDP).

"Kenapa masuk ruang isolasi ketat? Sebab, takut menular. Jadi isolasi ketat. Selain untuk menghentikan penularan, juga dimonitor ketat gejala yang mungkin ditimbulkan dari pasien tersebut," lanjut Rita.

Total RSUP Persahabatan memiliki 12 ruangan bagi pasien positif Corona. Hingga kini, baru tiga ruangan yang terpakai menangani pasien positif Corona. Dua ruangan untuk empat pasien dan satu ruangan dipakai untuk merawat satu pasien.

RSUP Persahabatan memiliki 12 ruangan buat pasien positif Corona. Hingga kini, baru tiga ruangan yang terpakai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News