Begini Kondisi Traffic Penerbangan di Bandara Banyuwangi

Begini Kondisi Traffic Penerbangan di Bandara Banyuwangi
Penumpang turun dari pesawat di Bandara Banyuwangi. Foto: SHULHAN HADI/RADAR BANYUWANGI/JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Sejumlah maskapai membatalkan penerbangan dari dan ke Bandara Banyuwangi pada awal tahun 2019 in karena alasan isian penumpang.

Dalam sepekan ini, tercatat maskapai Garuda dan Citilink pernah membatalkan penerbangan. Pihak Bandara Banyuwangi melalui Manager Facility and Maintenance Andry Lesmana membenarkan adanya kondisi ini.

Menurut Andry, jumlah penumpang pada low season 2019 jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu sebenarnya mengalami peningkatan. Perhitungan tersebut berdasarkan perbandingan di bulan Januari tahun ini dan 2019 lalu.

Jumlah kedatangan penumpang maupun keberangkatan pada Januari 2018 mencapai 22.126 orang. Sedangkan pada Januari tahun ini sebanyak 21.784 penumpang. Penurunan yang dialami sebenarnya cukup tipis, yakni 2 persen. ”Kalau Januari memang turun, tapi sekarang (Februari) sudah naik,” ujarnya.

Perincian angka itu berasal dari total penumpang kedatangan (arrival) pada Januari 2018 sebanyak 10.585 penumpang. Sedangkan kedatangan pada Januari 2019 ini, jumlah penumpang tercatat secara total berjumlah 10.103 atau penurunan 5 persen.

BACA JUGA: Tiket Pesawat Mahal, Liburan ke Luar Negeri Lebih Murah

Kemudian untuk keberangkatan (departure), pada Januari 2018 tercatat sebanyak 11.541 dan pada tahun 2019 tercatat 11681. Jika melihat angka ini, sebenarnya justru ada peningkatan dari Banyuwangi meski hanya sebesar satu persen. ”Low season tahun ini sebenarnya lebih baik dari yang lalu,” ucapnya.

Data yang menggembirakan muncul di 14 hari pertama Februari. Perbandingan tahun lalu dengan saat ini justru ada peningkatan sebanyak secara total mencapai 6 %. Munculnya angka ini didongkrak dari perbandingan keberangkatan, yakni dari semula 5.138 penumpang menjadi 5.996 penumpang atau sebanyak 17 persen.

Dalam sepekan ini, tercatat maskapai Garuda dan Citilink pernah membatalkan penerbangan dari dank e bandara Banyuwangi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News