Begini Modus Penjahat Siber Asal Tiongkok Tipu Korbannya

Begini Modus Penjahat Siber Asal Tiongkok Tipu Korbannya
Salah seorang pelaku meringis saat hendak digelandang ke Bandara Ngurah Rai untuk dibawa ke Mabes Polri, Jakarta, Senin (31/7). Foto Miftahuddin Halim/Radar Bali/JPNN.com

jpnn.com, DENPASAR - Polda Bali berhasil mengumpulkan informasi terkait dengan kejahatan yang dilakukan 27 warga negara Tiongkok dan Taiwan yang tergabung dalam penjahat siber internasional.

Wadirreskrimsus Polda Bali AKBP Ruddi Setiawan menyatakan, penjahat siber tersebut menjalan aksinya sangat rapi. Hal itu ditandai dengan peran masing-masing pelaku.

Perwira menengah pemilik dua melati di pundaknya itu mengatakan, dari hasil pengembangan sementara di Polda Bali, para pelaku berbagi tugas.

Ada yang bertugas melacak korban yang memiliki kasus. Ada pelaku yang bertugas menyamar sebagai polisi untuk melakukan penyidikan dengan mendatangi korban sembari melakukan investigasi.

Dan, ada pula yang bertugas menawarkan jasa agar kasusnya diringankan dengan membayar sejumlah uang.

“Tapi, mereka semua dalam satu tim,” ujar AKBP Ruddi Setiawan seperti yang dilansir Radar Bali (Jawa Pos Group), Selasa (1/8).

Setelah mendapat hasil baru dibagi rata antaranggota.

“Penyidikan sementara di Polda (Bali) selesai, nanti diteruskan di Mabes (Polri),” ungkapnya.

Polda Bali berhasil mengumpulkan informasi terkait dengan kejahatan yang dilakukan 27 warga negara Tiongkok dan Taiwan yang tergabung dalam penjahat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News